Hidangan Humanity food Truck Sapa Masyarakat Prasejahtera Hingga Warga Binaan Lapas di Balikpapan

Kehadiran iftar dengan total ribuan hidangan ini, merupakan dukungan dan kolaborasi dari mitra-mitra Aksi Cepat Tanggap (ACT) Balikpapan.

iftar act kaltim
Kajian oleh Ustaz Deris bersama warga lapas dan ACT Kalimantan Timur. (ACTNews/Budi Cahyanto)

ACTNews, KOTA BALIKPAPAN – Ramadan menjadi ajang kompetisi kebaikan bagi berbagai macam pihak. Seperti di Kalimantan Timur, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kaimantan Timur berkolaborasi dengan sejumlah mitra untuk menghadirkan iftar gratis. Sebanyak 750 paket iftar ini kemudian dihadirkan melalui armada kemanusiaan Humanity Food Truck pada Selasa (26/4/2022).

Distribusi bertempat di Simpang Empat Balikpapan, Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan. “Aksi dimulai sejak pagi dengan persiapan pembersihan, pemotongan, masak dan pengemasan di Humanity Food Truck hingga sore hari diadakan pembagian iftar gratis di sekitar lokasi kepada masyarakat prasejahtera, ojek daring, dan masyarakat yang kebetulan melintas,” Budi Cahyanto dari Tim Program ACT Kalimantan Timur.


Proses memasak iftar di dalam armada kemanusiaan Humanity Food Truck. (ACTNews/Zahrotu A'yunin Basyir)

Humanity Food Truck juga sempat menyapa warga binaan di Lapas Kelas IIA Balikpapan pada Rabu (27/4/2022). Kunjungan ini merupakan kolaborasi dengan mitra dan para donatur dibantu oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), juga mahasiswa jurusan Tata Boga Politeknik Negeri Balikpapan mengadakan rangkaian iftar, menyasar warga binaan khusus peghafal Al-Qur’an.

Lapas Kelas IIA Balikpapan telah dilengkapi blok khusus kegiatan pesantren, sebagai bagian dari upaya pembinaan para narapidana beragama Islam. Blok tersebut kemudian dimanfaatkan untuk lebih mendalami ilmu agama dengan tujuan memudahkan pembinaan dan pengawasan oleh Lapas. Dari situ nantinya diharapkan dapat memberi pengaruh positif bagi warga binaan lainnya.

Kegiatan iftar Humanity Food Truck ini juga diselingi kajian oleh Ustaz Deris kemudian dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama. Sebanyak 250 porsi masakan siap santap dibagikan kepada warga binaan di Lapas IIA Balikpapan, 250 lainnya dibagikan kepada ojek daring, serta masyarakat yang membutuhkan.


Terlihat senyum Bahagia serta keantusiasan warga lapas saat mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. Setyo Jatiatmoko selaku Humas Lapas Kelas IIA Balikpapan mengucapkan banyak terimakasih atas bentuk kepeduliannya terhadap warga binaan lapas, serta menjalin silaturrahmi yang baik. Ia berharap Lapas Kelas IIA Balikpapan dapat bersinergi kembali pada program ACT selanjutnya.

“Semoga paket iftar ini dapat memberikan keberkahan tersendiri bagi masyarakat dan sebagai salah satu moment terbaik kami di bulan Ramadan tahun ini. Semoga ikhtiar kebaikan ini dapat terus berlanjut dan terima kasih kepada mitra dan para donatur yang telah berkontribusi mendonasikan sedikit harta terbaiknya untuk kebahagiaan iftar lewat Humanity Food Truck,” ucap Budi. []