Hidangan Siap Santap Dinikmati Pekerja Harian di Ambon

Pandemi Covid-19 membawa dampak besar pada kehidupan pekerja harian di Ambon. Merespons hal ini, ACT Maluku menghadirkan aksi Beri Makan Gratis sebagai langkah pemenuhan pangan mereka.

Relawan ACT Maluku sedang mendistribusikan bantuan pangan ke warga Ambon. (ACTNews)

ACTNews, AMBON Setiap pekannya, di hari Jumat, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar aksi Beri Makan Gratis (BERIMAN) bagi pekerja harian di sekitar Ambon. Aksi yang berkolaborasi dengan dermawan ini menghadirkan makanan siap santap yang menyasar pekerja harian. BERIMAN lahir karena kebutuhan pangan yang kian mendesak di tengah pandemi Covid-19 yang berpengaruh pada perekonomian masyarakat.

Sharil Mewar dari tim ACT Maluku, mengatakan, pendistribusian makanan siap santap ini juga didukung oleh relawan Masyarakat Relawan Indonesia. Targetnya, setiap Jumat para pekerja informal akan mendapatkan makanan tersebut, mulai dari pengemudi becak, petugas kebersihan jalan, pengemudi ojek, dan lain-lain. “Hidangan makanan siap santap ini untuk sekarang digelar tiap Jumat. Kami mohon doa dan dukungannya agar aksi serupa bisa digelar setiap hari agar manfaatnya meluas,” harap Sharil, Jumat (12/3/2021).

“Terima kasih ada makanan seperti ini. Setidaknya bisa menghemat pengeluaran untuk makan,” ungkap Amirudin, seorang pengayuh beah di Jalan Batu Merah, Ambon.

ACT Maluku pun mengajak agar masyarakat bisa mendukung aksi kebaikan ini. Sharil mengatakan, sedekah terbaik bisa disalurkan melalui BNI Syariah 8800004451 atas nama Aksi Cepat Tanggap. Dana yang terhimpun nantinya akan disalurkan ke masyarakat dalam bentuk bantuan pangan.

Selain di Ambon, ACT juga meluaskan kebaikan dermawan melalui program-program pangan. Di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten, Gerakan Sedekah Pangan Nasional terus ACT luaskan. Lewat gerakan yang didukung masyarakat ini, ACT menyasar berbagai elemen masyarakat, mulai dari petugas keamanan sebagai bentuk apresiasi, hingga warga prasejahtera dan terdampak bencana.[]