Hingga Selasa Pagi, Tojo Una Una Masih Diguncang Gempa Susulan

Hingga Selasa pagi, gempa susulan di Tojo Una Una, Sulawesi Tengah masih terus terjadi. Meski listrik sudah kembali menyala, namun warga masih waspada.

gempa tojo una una
Peta aktivitas gempa susulan di Tojo Una Una hingga Selasa (27/7/2021) pukul 06.00 WITA. (BMKG)

ACTNews, TOJO UNA UNA – Hingga Selasa (27/7/2021) pagi, sebanyak 36 kali gempa susulan masih mengguncang Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah. Kepala Cabang ACT Palu Nurmajani Loulembah melaporkan, kondisi pagi ini di wilayah Tojo Una Una dan sekitarnya listrik sudah kembali menyala. Namun, warga masih waspada karena gempa susulan masih terus terjadi. 

“Alhamdulillah, listrik sudah menyala. Namun saat ini warga masih waspada, karena gempa susulan masih terus terjadi,” kata Nurmajani, Selasa (27/7/2021) pagi. 

Nurmajani melanjutkan, tidak lama setelah gempa dirasakan bermagnitudo 6,5, Senin (26/7/2021) pukul 19.09 WIB, masyarakat di Kecamatan Togean yang berada di dekat pantai melakukan evakuasi mandiri menuju ke tempat yang lebih tinggi. 

“BMKG sudah mengimbau bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun masyarakat di dekat pantai melakukan antisipasi dini karena ditakutkan bencana tsunami datang,” jelasnya. 

Menurut Nurmajani, selain di pusat gempa, getaran juga dirasakan di 21 daerah, di antaranya Ampana, Poso, Morowali, Bolmong Selatan, Bolmong Timur, Kotamobagu, Buol, Bone Bolango, Bobong, Konawe Utara, Tomohon, Manado, Kolaka Utara, Masamba, Mamuju Tengah, Polewali, Pohuwato, Luwuk, juga Kota dan Kabupaten Gorontalo. Getaran yang dirasakan berbeda-beda kekuatannya. 

“Data dari BMKG, selain di Tojo Una Una gempa semalam juga dirasakan di 21 wilayah. Kekuatan getaran bermacam-macam, sesuai dengan jarak wilayah dari pusat gempa,” pungkas Nurmajani.[]