Hujan Deras, Bantul Terendam Banjir

Hujan Deras, Bantul Terendam Banjir

ACTNews, BANTUL - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bantul sepanjang hari menyebabkan beberapa sungai meluap. Luapan mengakibatkan sejumlah titik tergenang air. Manajer Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul Aka Lukluk Firmansyah mengimbau masyarakat untuk waspada.

Menurut Aka, luapan air berasal dari aliran Sungai Oya dan sungai-sungai kecil yang masuk ke Sungai Opak. “Iya, luapannya dari Sungai Oya, hulunya dari Gunungkidul sana. Info sementara airnya sudah masuk ke pekarangan rumah warga. Melihat hujan masih terjadi, ada kemungkinan akan ada penambahan debit air” paparnya.

Aka juga melaporkan ada beberapa titik yang terkena dampak banjir, mulai dari wilayah timur dan tengah. Kata Aka, wilayah timur berarti dari Pleret, sedang wilayah tengah berarti di Imogiri. Sementara untuk wilayah barat aman terkendali. Tak hanya Pleret dan Imogiri, Kecamatan Kretek juga terjadi genangan air, namun tidak semua titik terkena dampaknya.

“Jalan-jalan di Pantai Parangtritis, selatan TPR sudah sepinggang, airnya dari Gunungkidul juga alirannya, dari pegunungan sisi timur Parangtritis turun ke jalan-jalan itu. Tapi tidak semuanya, hanya area-area tertentu saja,” jelas Aka.  

Aksi Cepat Tanggap DIY pun menggerakkan sejumlah personel untuk melakukan peninjauan ke titik lokasi bencana. Bagus Suryanto selaku Kepala Cabang ACT DIY melaporkan, sebanyak lima personel sudah dalam perjalanan menuju Kabupaten Bantul, Ahad (17/3) pukul 21.30 WIB.

“Insya Allah, malam ini kami akan melakukan penyisiran dan peninjauan untuk memastikan titik wilayah yang paling membutuhkan bantuan. Selain tim yang berangkat, kami juga meminta sejumlah personel untuk siap siaga di kantor ACT DIY untuk memaksimalkan kewaspadaan apabila dibutuhkan darurat,” ungkap Bagus. []

Sumber foto: Detik.com