Hukum bagi Orang yang Menahan atau Enggan Membayar Zakat

Hukum menahan atau bahkan tidak membayar zakat adalah haram. Allah SWT mengancam orang yang enggan membayar zakat dengan siksa yang pedih.

hukum tak bayar zakat
Ilustrasi. Hukumnya menunda bayar zakat. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Zakat merupakan kewajiban yang harus segera ditunaikan. Untuk zakat mal ditunaikan saat mencapai nisab dan haul, sementara zakat fitrah ditunaikan saat Ramadan. 

Lalu, bagaimana jika seorang muslim menunda, menahan atau bahkan tidak membayar zakat?

Menurut Dewan Syariah ACT Ustaz Bobby Herwibowo, haram hukumnya bagi seorang muzakki (wajib zakat) untuk menunda, menahan, atau tidak bayar zakat. Ancaman Allah  amat keras bagi mereka yang enggan membayar zakat. 

Sebagaimana firman Allah dalam Surat At-Taubah ayat 34:

"Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak, dan tidak menafkahkannya di jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih." (QS. At-Taubah: 34).

Siksa pedihnya seperti apa? Allah sebutkan dalam ayat selanjutnya di dalam surat At-Taubah ayat 35:

"(Ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu." (QS. At-Taubah ayat 35)

"Dalam ayat tersebut, jelas bahwa orang yang menunda, menahan, atau tidak  menafkahkan hartanya (membayar zakat) maka akan mendapat siksaan di neraka Jahanam," jelas Ustaz Bobby, Rabu (13/4/2022). 

Ustaz Bobby melanjutkan, bagaimana bila muzakki menunda pembayaran zakat? Misal dengan alasan menunggu Ramadan karena berharap pahala yang lebih banyak. Menurut Ustaz Bobby, hal ini tidak diperkenankan. 

"Sebab jatuh tempo pembayaran zakat (mal) adalah saat mencapai nisab dan haul (satu tahun), dan haul tidak mesti saat Ramadan, bisa di luar Ramadan. Jika sudah jatuh tempo, maka segeralah menunaikannya (zakat mal)," jelasnya. 

Adapun saat Ramadan, tambah Ustaz Bobby, zakat yang wajib adalah zakat fitrah, bukan zakat mal, kecuali bagi yang jatuh tempo zakat mal-nya saat Ramadan. Zakat fitrah dapat dibayarkan selama Ramadan hingga sebelum pelaksanaan sholat Idulfitri. "Saat Ramadan umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah," pungkasnya.[]