Humanity Bikers Mudahkan Penerima Manfaat Dapatkan Bantuan

ACT menghadirkan salah satu sistem penunjang Humanity Care Line, yakni Humanity Bikers. Sistem yang dikembangkan sendiri oleh ACT ini dibuat untuk mempersingkat dan mempermudah pengantaran bantuan beras kepada penerima manfaat.

Humanity Bikers Mudahkan Penerima Manfaat Dapatkan Bantuan' photo
Contoh tampilan aplikasi Humanity Bikers menunjukkan data para penerima manfaat. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, JAKARTA – Aksi Cepat Tanggap (ACT) menghadirkan layanan Humanity Bikers untuk menunjang program Humanity Care Line. Bantuan beras yang sebelumnya dibutuhkan oleh masyarakat yang menelepon Humanity Care Line, diantarkan langsung ke pintu penerima manfaat oleh pengemudi Humanity Bikers.

“Mekanisme ini kita buat memang agar lebih sederhana. Para penerima manfaat cukup menelepon (0800-1165-228), kemudian data-datanya masuk ke tim verifikasi dan distribusi, dan langsung masuk ke aplikasi Humanity Bikers,” kata Kiki Marzuki selaku IT Director ACT menjelaskan, Humanity Bikers pada Jumat (22/5) lalu.


Data-data yang dibutuhkan operator Humanity Care Line adalah nama, alamat, dan nomor telepon penerima manfaat. Dari kumpulan data-data yang didapat operator, secara otomatis sistem akan memberikan 5 alamat yang saling berdekatan kepada pengemudi Humanity Bikers dan pengemudi akan diberitahu di mana mereka dapat mengambil paket bantuan beras.

“Data-data ini akan dipegang pengemudi dan akan dibawa oleh mereka untuk mengirimkan paket beras kepada lokasi yang ada di aplikasi. Di aplikasi operator juga akan menyertakan catatan lokasi sehingga lebih mempermudah pengemudi untuk bertemu dengan penerima manfaat,” tutur Kiki.


Kiki sedang menjelaskan cara kerja sistem Humanity Bikers. (ACTNews/Yudha)

Jika telah sampai kepada penerima manfaat, para pengemudi Humanity Bikers tinggal memperbarui status pengantaran di aplikasi, apakah paket telah sampai kepada penerima manfaat atau tidak. Dalam proses ini, foto penerima manfaat juga dibutuhkan sebagai data bahwa paket telah sampai kepada penerima manfaat.

Saat ini sistem perekrutan Humanity Bikers masih tertutup dikarenakan sistem ini masih baru. Namun harapan ke depannya, Humanity Bikers juga dapat diikuti oleh masyarakat luas karena tujuan dari hadirnya Humanity Bikers juga untuk memberdayakan masyarakat.

“Jadi di samping penghasilan mereka selain dari  ojek online dan ojek pangkalan juga misalnya, mereka bisa mendapatkan penghasilan lain dari Humanity Bikers. Karena apa yang bisa mereka dapatkan insyaallah cukup untuk mereka bawa pulang,” ucap Kiki. Ke depannya ACT juga ingin mengembangkan sistem ini untuk program lain selain pengantaran beras. Seperti pengantaran daging kurban dan sembako salah satunya.

Layanan Humanity Bikers ini telah berjalan sejak Senin (18/5) lalu. Baru tiga hari berjalan sejak peluncurannya, layanan Humanity Bikers telah memberdayakan sekitar 70 orang. Jika ditotal dengan yang sedang proses pendaftaran, maka jumlah pengemudi yang diberdayakan sebanyak 250 orang.

Ari, anggota Humanity Bikers, bersyukur dengan hadirnya layanan ini. Dia yang mulanya adalah seorang supervisor di sebuah perusahaan ritel kini mesti berhenti karena pandemi. Bagi Ari, selain mendapatkan materi di dunia, ia juga yakin juga akan mendapatkan manfaat di akhirat.

“Karena banyak manfaatnya, termasuk di akhirat. Jangan melihat materinya saja, tapi dilihat bahwa kita membantu sesama yang sedang membutuhkan. Semua itu (rezeki) sudah ditentukan Allah. Jika Allah sudah menghendaki, semesta pasti mendukung,” ujar Ari. []


Bagikan

Terpopuler