Humanity Care Line Terus Hadirkan Beras Gratis

Layanan antar beras gratis alias Humanity Care Line dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) masih menebarkan kebaikannya. Tanpa libur, layanan ini terus menerima panggilan permintaan beras dari masyarakat prasejahtera yang kesulitan memenuhi kebutuhan pangan.

beras gratis
Salah satu warga prasejahtera mendapat beras gratis dari layanan Humanity Care Line. (ACTNews/Rizki Febianto)

ACTNews, JAKARTA – Humanity Care Line terus menebarkan kebaikannya. Tanpa libur, setiap hari layanan ini selalu menerima panggilan permintaan beras dari masyarakat prasejahtera yang kesulitan memenuhi kebutuhan pangan. Humanity Bikers, armada pengantar beras gratis, pun sama, tiap hari membawa beras di motornya, dan mengantarnya penerima manfaat yang sebelumnya telah menghubungi panggilan bebas pulsa ini.

Janis (54) misalnya. Ia menerima beras gratis setelah salah satu tetangganya membantu menelepon layanan Humanity Care Line untuknya. Hidup seorang diri di kontrakan yang hanya berukuran 3x3 meter, membuat tetangga Janis membantu menelepon panggilan bebas pulsa ini.

Janis sendiri merupakan seorang guru mengaji di wilayah Johar Baru, Jakarta Pusat. Suaminya yang telah lama meninggal dunia, membuatnya harus bertahan hidup sendiri di kerasnya kota Jakarta. Janis hanya memiliki enam murid, baik yang baru belajar membaca Al-Quran maupun yang ingin memperlancar bacaannya. Murid-muridnya tersebut pun juga berasal dari keluarga prasejahtera, sehingga Janis tidak pernah mematok biaya belajar.

"Bayar sekilasnya saja, mereka kan juga orang enggak punya. Kadang sebulan ada yang kasih 100 ribu, ada yang 150 ribu. Disyukuri saja. Yang penting kan saya bisa dapat pahala dari mengajar mengaji ini," ujar Janis saat ditemui tim ACT di kediamannya, Rabu (9/9/2021).

Pendapatannya yang tidak menentu, membuat Janis sering kesulitan memenuhi kebutuhan pangannya. Maka dari itu, ia sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasihnya atas beras gratis yang diantar. "Ada bantuan ini jadi enggak perlu lagi beli beras. Uangnya bisa dipakai untuk yang lain, seperti bayar kontrakan yang sebulah 250 ribu,” kata Janis.

Sementara itu, Koordinator Wakaf Distribution Center Pungki Martha Kusuma mengatakan, beras yang didistribusikan merupakan Beras Wakaf dengan kualitas terbaik. "Kami beli gabah petani dengan harga terbaik sehingga para petani, insyaallah, tetap mendapat untung yang lebih tinggi ketimbang mereka menjualnya di tempat lain," pungkas Pungki.

Bagi masyarakat yang membutuhkan, dan ingin menggunakan layanan ini, dapat menghubungi nomor  0800-1-165-228 dan melengkapi data administrasi yang diperlukan, yakni KTP dan Kartu Keluarga untuk verifikasi data. Layanan ini dibuka setiap hari sesuai jam kerja. "Masyarakat yang menelepon tidak perlu khawatir terhadap data yang nanti diberikan. KTP dan Kartu Keluarga hanya akan kita gunakan untuk verifikasi data. Tidak akan ada penyalahgunaan dengan data tersebut," pungkas Pungki.[]