Humanity Food Bus Sapa Kampung Nelayan Cilincing

Seribu porsi makanan siap santap hadir untuk warga dan nelayan di Cilincing, Jakarta Utara. Makanan yang diolah di Humanity Food Bus ini hadir di tengah pendapatan nelayan yang meredup karena pandemi dan cuaca buruk.

humanity food bus
Nelayan di Cilincing yang saat mendapatkan makanan dari Humanity Food Bus. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA UTARA – Operasi Makan Gratis dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus meluaskan aksi. Kali ini, menggunakan armada Humanity Food Bus, sajian makanan siap santap terhidang bagi warga di Cilincing, Jakarta Utara. Pekerja harian, warga prasejahtera hingga nelayan merasakan makanan yang dimasak di dalam bus berdapur ini.

Harun Basalamah dari tim Program ACT Jakarta Utara, mengatakan, implementasi Humanity Food Bus di Cilincing bukan tanpa alasan. Banyaknya warga prasejahtera dan pandemi yang masih terus berlangsung membuat aksi kebaikan ini hadir.

“Di sini banyak nelayan, tapi kondisi ekonomi mereka prasejahtera. Pandemi pun membawa dampak, dan September ini musim angin kencang membawa tantangan baru lagi bagi nelayan. Untuk itu, kami hadirnya Humanity Food Bus agar meringankan beban ekonomi mereka, setidaknya untuk makan siang,” jelas Harun.

Susi merupakan salah satu penerima manfaat aksi Humanity Food Truck hari itu. Ia merupakan seorang nelayan yang biasa melaut di perairan Jakarta. Menurutnya, menjadi seorang nelayan di negara yang memiliki perairan luas tak menjadi jaminan ekonominya bakal sejahtera. Pendapatannya tak menentu, apalagi jika cuaca kurang bersahabat.

“Alhamdulillah ada kegiatan (aksi Humanity Food Truck) seperti ini jadi ngebantu” ungkap Susi yang bahagia menerima makanan siap santap.

Di Cilincing hari itu, total ada seribu paket makanan siap santap yang terdistribusi bagi warga. Bermitra dengan British Propolis, aksi ini juga didukung oleh relawan Masyarakat Relawan Indonesia Jakarta Utara.

Dari Cilincing, Humanity Food Bus melanjutkan langkahnya menuju Sumatra Barat. Di sana, direncanakan, selama satu bulan bus berdapur rakitan karoseri Laksana tersebut menggelar aksi kebaikan.[]