Humanity Food Truck Bersamai Jemaah Ibadah Jumat di Pinrang

ACT Sulawesi Selatan menghadirkan Humanity Food Truck di Masjid Agung Al Munawir, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan pada Jumat (11/9) lalu. Hadirnya Humanity Food Truck membagikan ratusan paket makanan siap santap ini merupakan program Jumat Berbagi yang rutin dilaksanakan ACT dan MRI setempat.

Humanity Food Truck berada tepat di halaman Masjid Agung Al Munawir, Kabupaten Pinrang sebelum salat Jumat dimulai. (ACTNews)

ACTNews, PINRANG – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan menghadirkan Humanity Food Truck di Masjid Agung Al Munawir, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan pada Jumat (11/9) lalu. Ratusan paket makanan siap santap dengan kualitas terbaik dibagikan kepada para jemaah usai pelaksanaan salat Jumat.

Hadirnya Humanity Food Truck di halaman masjid membuat masyarakat, khususnya jemaah Jumat, menjadi penasaran akan fungsi dan isi dari truk yang dijuluki sebagai restoran berjalan itu. Miftahul Jannah dari Tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Pinrang menerangkan bahwa Humanity Food Truck ini merupakan mobil truk besar yang dimodifikasi sebagai dapur umum berjalan untuk memberikan pelayanan makan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.


"Alhamdulillah, ACT berkesempatan memberikan pelayanan makan gratis di Area Masjid Agung Al Munawir sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat. Mereka yang di Palestina, Suriah, dan negara lainnya kita bantu, begitu pun dengan bangsa sendiri," ujar Mifta
.

Mifta menambahkan bahwa program Humanity Food Truck menjadi salah satu bagian dari agenda program Jumat Berbagi yang digagas ACT bersama MRI Kabupaten Pinrang. Biasanya tim mengadakan kegiatan Jumat Berbagi, yakni pendistribusian makanan siap saji untuk masyarakat membutuhkan di sekitar Pinrang.


Jemaah sedang mengantre untuk mengambil makanan siap saji sesaat setelah salat Jumat. (ACTNews)

“Program Jumat berbagi ini sudah dilaksanakan sejak Desember 2019, dan kali ini kita buat yang lebih unik, yakni melalui Humanity Food Truck. Memasaknya langsung dari atas mobil dan setelah itu kita packing, lalu distribusi kepada masyarakat dan jemaah selepas salat Jumat. Setelah salat Jumat usai, Humanity Food Truck sudah dipadati para jemaah," ungkap Mifta.

Humanity Food Truck sendiri merupakan layanan makan gratis dari ACT bersama Global Zakat. Armada tersebut merupakan satu-satunya Food Truck terbesar di Indonesia yang dapat memproduksi ribuan paket makanan dalam satu harinya. Humanity Food Truck selama ini melayani warga terdampak bencana, masyarakat prasejahtera di Indonesia, masyarakat terdampak konflik di Palestina. Mifta mengajak para dermawan untuk terus mendukung Humanity Food Truck dalam membersamai umat.

“Bagi para dermawan yang ingin berpartisipasi untuk program Humanity Food Truck, dapat menyalurkan bantuannya melalui rekening bank Sulselbar Syariah di nomor 5100 5321 0417 1658 atas nama Aksi Cepat Tanggap dengan melampirkan konfirmasi bukti transfer via whatsapp ke nomor 0821 9224 1414. Atau dapat juga datang langsung ke kantor ACT Sulawesi Selatan yang berlokasi di Jl. Sultan Alauddin Plaza Ruko BB No.11 Kota Makassar,” ajak Mifta. []