Humanity Food Truck Bersamai Pekerja RSUP Fatmawati Saat Idulfitri

Bertepatan dengan momen Idulfitri 1441 Hijriah yang jatuh pada Ahad (25/5), Humanity Food Truck membersamai tenaga medis dan non-medis di RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan. Sebagian tenaga medis dan non-medis tetap berjaga seperti biasa untuk merawat pasien terinfeksi Covid-19.

Serah terima bantuan kepada Direktur Utama RSUP Fatmawati, dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp.A, M.P.H. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, JAKARTA Humanity Food Truck dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali hadir untuk para tenaga kerja di rumah sakit rujukan penangan Covid-19. Bertepatan dengan momen Idulfitri 1441 Hijriah yang jatuh pada Ahad (25/5), Humanity Food Truck membersamai tenaga medis dan non-medis di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan.

Bantuan diterima langsung oleh Direktur Utama RSUP Fatmawati, dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp.A, M.P.H. Dokter Syafak turut mengapresiasi aksi Humanity Food Truck pada hari itu yang membawa 500 paket makanan siap saji.

“Kami berterima kasih sekali atas nama keluarga besar RSUP Fatmawati di hari yang fitrah ini, untuk ACT yang senantiasa membantu RSUP Fatmawati. Rasanya ini bukan bantuan yang pertama kali, karena banyak bantuan dari awal seperti beras dan juga yang lainnya. Jadi betul-betul sangat membantu. Dan rasanya (ACT) ini teman seperjuangan (RSUP Fatmawati) untuk melawan Covid-19,” ujar Dokter Syafak.

Kasus infeksi Covid-19 yang terus bertambah membuat para tenaga rumah sakit mesti bekerja lebih keras. Pada hari itu, sebagian tenaga medis tetap masuk seperti biasa untuk merawat pasien-pasien Covid-19.


Salah satu tenaga medis yang mendapatkan sajian makan gratis dari Humanity Food Truck. (ACTNews/Reza Mardhani)

“Di hari yang lain merayakan kegembiraan bersama keluarga lain di rumah, meskipun  dalam masa prihatin, tapi teman-teman kami tetap berjuang untuk melayani pasien-pasien Covid-19. Tetap kita tidak ada libur, sesuai dengan jadwal masing-masing. Mau tidak mau ini belum selesai, jadi tetap berjuang untuk melawan Covid-19,” jelas dr. Syafak.

ACT tetap terus mendukung perjuangan tenaga medis dengan menyalurkan bantuan-bantuan yang telah diamanahkan oleh para dermawan. Muhammad Albar dari Tim Program ACT Jakarta Selatan menjelaskan bantuan ini telah didistribusikan sejak awal penyebaran pandemi. Bantuan-bantuan yang diberikan juga bukan hanya makanan siap santap saja.


“Kalau untuk aksi di RSUP Fatmawati sendiri hampir tidak terhitung. Bulan Ramadan lalu sampai  sekitar 10 kali aksi. Itu pun bukan hanya makanan siap saji, tapi juga paket-paket bantuan lain. Kalau untuk hari ini, memang khusus makanan saja,” kata Albar.

Melihat pandemi yang terus berlanjut, dr. Syafak menitipkan pesan juga kepada masyarakat untuk mengikuti imbauan pemerintah. Dengan mengikuti anjuran-anjuran pemerintah, pasien-pasien terinfeksi akan berkurang.

“Sudah cukup banyak korban yang dilayani di RSUP Fatmawati, sudah cukup banyak juga yang meninggal, yang sebenarnya itu semua bisa dicegah. Dengan kita memakai masker, kemudian yang paling penting juga tetap di rumah saja kalau tidak ada keperluan penting. Menurut saya itu anjuran yang sangat pas,” pungkas dr. Syafak. []