Humanity Food Truck Bertambah di Palestina

Berkat sedekah dermawan Indonesia, armada Humanity Food Truck bisa bertambah di Gaza, Palestina. Armada ini akan mendukung aksi kemanusiaan, khususnya dalam hal pangan bersama truk berdapur serupa yang sebelumnya sudah terlebih dahulu hadir di Palestina.

humanity food truck palestina
Humanity Food Truck baru yang beroperasi di Gaza. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Setelah hampir tiga bulan pengerjaan di karoseri, armada Humanity Food Truck akhirnya bisa mengaspal di Gaza menjelang akhir September ini. Truk yang memiliki dapur modern di dalamnya ini merupakan unit ke-2 yang dibuat khusus untuk memasak hingga menghidangkan makanan siap santap kepada warga prasejahtera Gaza.

“Layanan Makan Gratis” tertulis di bodi truk yang memiliki dominasi warna hijau dan putih tersebut. Secara keseluruhan, truk ini memiliki panjang 8,4 meter. Sementara beratnya mencapai 10 ton. Di dalamnya juga  dipenuhi oleh berbagai peralatan memasak yang memungkinkan juru masak ACT menyiapkan berbagai sajian untuk warga Gaza.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response ACT menjelaskan, dalam sekali aksi, Humanity Food Truck mampu menyiapkan hingga 2 ribu makanan siap saji. Armada ini, sebut Said, juga akan meluaskan manfaat kebaikan, karena total sudah ada dua unit truk berdapur.

"Humanity Food Truck merupakan wujud nyata kedermawanan, karena hadirnya truk ini berasal dari sedekah masyarakat Indonesia,” ujar Said, Senin (20/9/2021).

Lebih lanjut, Said menjelaskan, masih ada satu armada Humanity Food Truck lagi yang akan bertambah. Unit tersebut saat ini masih berada dalam tahap modifikasi di karoseri. Jika nantinya semua armada tersebut telah beroperasi, lokasi aksi akan tersebar ke beberapa kegubernuran di Gaza.

Sebagaimana diketahui, pangan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat mendesak bagi warga Gaza. Program Pangan Dunia (WFP) menyatakan, pada 2021, hampir tujuh dari sepuluh warga di Gaza termasuk prasejahtera, mereka tak memiliki anggaran untuk membeli makanan yang cukup. Imbasnya, tingkat kerawanan pangan menjadi sangat tinggi.[]