Humanity Food Truck Siap Bagikan Iftar untuk Pengungsi Suriah Selama Ramadan

Pada bulan suci Ramadan ini, tim ACT di Suriah melakukan pembersihan dan peremajaan terhadap Humanity Food Truck. Armada ini akan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan iftar ribuan pengungsi selama Ramadan.

ramadan di suriah
Armada Humanity Food Truck di Suriah yang siap mendistribusikan sajian iftar. (ACTNews)

ACTNews, IDLIB – Lapar yang dirasa para pengungsi Suriah di Kota Idlib saat berpuasa sudah biasa mereka rasakan di luar bulan Ramadan. Tangisan anak yang kelaparan, sudah menjadi wajah dari kamp-kamp para pengungsi.

Krisis berkepanjangan yang menimpa Suriah memang menyebabkan harga bahan-bahan pangan naik. Para pengungsi yang tidak memiliki uang pun hanya bisa gigit jari sambil menahan laparnya karena tidak mampu membeli makanan.

Pada Ramadan tahun ini, tim ACT di Suriah akan mengoperasikan Humanity Food Truck untuk memberikan santapan iftar gratis ke para pengungsi di Suriah. Armada yang memiliki dapur modern di dalamnya ini, memungkinkan tim ACT untuk mengolah dan memasak langsung di dalam armada tersebut, dan bisa langsung berkeliling untuk mendistribusikan hasil masakannya.

"Saat ini armada tersebut tengah dalam tahap peremajaan dan pembersihan seperti servis mesin, penambahan ornamen Ramadan, dan pencucian dapur serta seluruh badan kendaraan. Hal ini dilakukan agar armada ini siap untuk berkeliling Suriah selama Ramadan, menyampaikan amanah dermawan untuk membagikan makanan gratis." kata Firdaus, Jumat (8/4/2022).

Lebih lanjut, Firdaus menjelaskan bahwa Humanity Food Truck di Suriah, berbeda dengan yang ada di Indonesia maupun di Palestina. Food Truck di Suriah memiliki panjang keseluruhan 5 meter. Sedangkan 3,4 meter di antaranya merupakan box yang digunakan sebagai dapur.

Meski ukurannya lebih kecil dari Humanity Food Truck yang ada di Indonesia, namun peralatan masak yang akan digunakan tetap modern dan sama dengan food truck di Indonesia. Di dalamnya, akan terdapat generator untuk pasokan listrik, serta tangki air dengan kapasitas 1 meter kubik. Dalam sekali aksi, sedikitnya 500 porsi makanan siap saji bisa dibagikan.

"Lewat Humanity Food Truck, proses distribusi makanan bisa ditingkatkan. Jumlah penerima manfaat bisa meluas ke banyak kamp-kamp pengungsian di Suriah dan area-area yang jarang tersentuh bantuan kemanusiaan," ungkap Firdaus. []