Humanity Medical Services Hadir untuk Warga di Maluku Tengah

Di Maluku Tengah, tepatnya Dusun Waringin Cap Dua, Kecamatan Laihitu, Tim Humanity Medical Services-ACT menggelar pelayanan dan penyuluhan kesehatan. Hal ini pun disambut gembira oleh warga.

1
Pelayanan kesehatan untuk warga di Maluku Tengah. (ACTNews)

ACTNews, MALUKU TENGAH Tim Humanity Medical Services-ACT bersama Masyarakat Relawan Indonesia  (MRI) melakukan pelayanan kesehatan di Dusun Waringin Cap Dua, Kecamatan Laihitu, Kabupaten Maluku Tengah, pada (7/06/2021). Sebanyak 40 warga, di antaranya 30 lansia dan 10 anak ikut memeriksakan kesehatannya. Diadakan juga pembagian paket gizi untuk anak-anak. Selain pemeriksaan, tim HMS-ACT juga menggelar penyuluhan kesehatan bagi warga agar mereka bisa meningkatkan gaya hidup sehat, apalagi di tengah pandemi yang belum kunjung berakhir.

Pelayanan dan penyuluhan kesehatan ini bertujuan meningkatan dan memelihara kesehatan warga. Pasalnya, selain adanya pandemi, tingkat kebersihan diri dan lingkungan warga kurang baik yang membuat tak sedikit anak-anak mengalami gatal-gatal. Di sana, hasil dari pemeriksaan kesehatan, banyak juga ditemukan orang dewasa mengalami nyeri sendi dan asam urat.

Firda Zahra Tuasikal, Ketua HMS-ACT Maluku, mengatakan,  kurangnya kebersihan diri pada anak-anak membuat mereka mudah terserang penyakit gatal-gatal. Sedangkan orang dewasa yang rata-rata berkebun membuat mereka banyak yang mengalami nyeri sendi.

“Warga di sini juga kurang melakukan pemeriksaan kesehatan,” ungkap Firda.

Warga Waringin Cap Dua mengaku selama pandemi, mereka kurang mendapatkan pelayanan dan penyuluhan kesehatan. Fasilitas kesehatan juga cukup jauh untuk dijangkau warga setempat. Sehingga, dengan adanya pelayanan kesehatan ini, warga begitu menyambut gembira dan begitu antusias.

Wa Ali (70), salah satu perempuan lansia di Waringin Cap Dua mengatakan, pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan dari tim HMS-ACT Maluku sangat bermanfaat dan membantu. Apalagi di tengah jauhnya fasilitas kesehatan.  Ia berharap, aksi serupa bisa kembali diadakan agar kesehatan warga bisa terpantau dengan baik.[]