Humanity Rice Truck Bantu Kebutuhan Pangan Warga Prasejahtera di Lebak Bulus

Pandemi Covid-19 menjadi pukulan tersendiri bagi masyarakat prasejahtera. Global Zakat-ACT berikhtiar meredam permasalahan itu dengan Operasi Beras Gratis. Armada Rice Truck kembali beraksi di kawasan Lebak Bulus 5 RW 04, Kecamatan Cilandak Barat.

Salah satu penerima beras wakaf gratis, Jumat (25/3/2021). (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Pandemi Covid-19 menjadi pukulan tersendiri bagi masyarakat prasejahtera. Sebagian mereka harus mengalami PHK bahkan pekerja informal tidak lagi mendapat penghasilan. Hal itu membuat mereka sulit membeli kebutuhan pokok. 

Global Zakat-ACT berikhtiar meredam permasalahan itu dengan Operasi Beras Gratis. Armada Rice Truck kembali beraksi pada Jumat (25/3/2021). Kali ini, kawasan Lebak Bulus 5  RW 04, Kecamatan Cilandak Barat, menjadi tujuan ATM beras berjalan itu.

Koordinator Tim Program Global Zakat-ACT Jakarta Selatan Muhammad Albar menjelaskan,  sebanyak 350 keluarga prasejahtera menjadi penerima manfaat Operasi Beras Gratis hari itu. Sebagian besar penerima manfaat mencari nafkah dengan memulung barang-barang bekas.


“Alhamdulillah, aksi berjalan dengan lancar. Kegiatan ini mendapat perhatian dari warga setempat karena memperkenalkan sistem kerja Humanity Rice Truck yang bisa mengeluarkan beras secara otomatis melalui dispense khusus beras,” kata Albar. Lebih lanjut, masyarakat penerima manfaat akan dibekali kartu otomatis untuk mengakses beras gratis di Humanity Rice Truck seperti menarik uang di mesin ATM.

Humanity Rice Truck pertama kali diperkenalkan Global Zakat-ACT pada Oktober 2019.  pembuatan Rice Truck  dilatarbelakangi dari kiprah ACT yang kerap menunjang kebutuhan pangan masyarakat, terutama beras sebagai makanan pokok masyarakat. Pendistribusian beras yang biasanya dilakukan dengan sederhana, kini dapat dilakukan dengan cara yang lebih inovatif dengan kehadiran Humanity Rice Truck. Operasional armada kemanusiaan ini pun tidak lepas dari dukungan para dermawan yang terus mengalir melalui Global Zakat-ACT.[]