Hunian Baru untuk Hasan, Buruh Lepas di Pedalaman Aceh Utara

Hunian Baru untuk Hasan, Buruh Lepas di Pedalaman Aceh Utara

ACTNews, ACEH UTARA – Rumah bercat putih kebiruan dan merah tua itu terlihat nampak fresh tak jauh dari lahan pertanian. Gubuk usang milik Hasan yang berdiri selama bertahun-tahun di area tersebut kini telah bertransformasi menjadi rumah yang nyaman untuk didiami. Terhitung Senin (13/11), buruh lepas di pedalaman Aceh Utara ini bisa berteduh aman dan tenang di rumah sederhana bersama enam anggota keluarganya.

Hasan begitu bersyukur dengan kondisi rumahnya saat ini. Semua berawal pada tiga bulan lalu, tepatnya Agustus, ketika Tim ACT Aceh dan relawan Cet Langet Rumoh (CLT) menyambangi kediamannya. Tim membawa kabar baik untuk Hasan dan keluarganya: rumah bambunya akan direnovasi menjadi hunian yang lebih nyaman.

Proses renovasi rumah Hasan dimulai pada awal Agustus lalu, diawali dengan terjalinnya kerja sama antara ACT dan Edhi Fadhil, pencetus Gerakan Cet Langet Rumoh. Kerja sama ini menghasilkan kesepakatan untuk berkolaborasi membantu renovasi rumah yang tidak layak huni milik Hasan di Lhoksukon, Aceh Utara.

Laila Khalida selaku Staf Program ACT Aceh mengungkapkan, timnya memulai proses renovasi ini  dengan melakukan kampanye penggalangan dana di kitabisa.com. Tujuannya tentu untuk mengajak masyarakat luas berpartisipasi dalam program kebaikan ini.

Dalam beberapa kunjungan yang tim ACT lakukan ke rumah Hasan, kondisi rumah yang memprihatinkan itu dapat dilihat dengan gamblang. Di samping pemandangan rumah reyot yang mereka huni, lesunya mata anak-anak Hasan yang terlihat kurang gizi juga nampak. Hasan mengatakan, sehari-hari anak-anaknya seringkali hanya memakan ubi ketika tidak ada nasi dan lauk di rumah mereka.

“Saat saya menyaksikan langsung keadaan keluarga Pak Hasan dan rumah tempat mereka berteduh, saya tidak mampu untuk menahan air mata membayangkan beratnya hidup yang harus mereka lalui,” ujar Laila.

Agustus lalu, ACT bersama beberapa mitra seperti PT. Semen Indonesia dan para donatur Cot Langet Rumoh yang dipimpin Edhi Fadil mulai merenovasi rumah Hasan. Cet Rumoh Langet sendiri telah memulai gerakan renovasi rumah bagi keluarga kurang mampu di Aceh sejak beberapa tahun terakhir. Rumah Hasan adalah rumah ke-42 yang telah berhasil mereka bangun.

“Alhamdulillah, terima kasih untuk semua dukungan teman-teman dan Bang Akmal Daud yang menjadi kordinator relawan pembangunan rumah ini. Selanjutnya kita merencanakan kegiatan pemberdayaan ekonomi untuk Pak Hasan dan keluarganya.” Ujar Edhi Fadhil.

Senin lalu (13/11), rumah Hasan telah rampung dibangun. Kini, istri dan anak-anak Hasan bisa berteduh dengan nyaman di dalam rumah mereka. Masih teringat jelas tiga bulan lalu, anak-anak Pak Hasan sempat bercerita setiap kali hujan turun, mereka harus tidur dalam keadaan basah karena dinding dan atap rumah tidak bisa melindungi mereka dari hujan.

“Terima kasih banyak kepada seluruh donatur yang telah membantu renovasi rumah Pak Hasan, khususnya teman-teman relawan Cet Langet Rumoh yang telah bekerja keras mewujudkan rumah yang aman dan nyaman untuk keluarga Pak Hasan,” pungkas Laila. []

 

Tag

Belum ada tag sama sekali