Ida Miliki Rumah Layak Setelah Belasan Tahun Tinggal di Gubuk

Ida dan Surja, pasangan suami istri di Tasikmalaya itu kini memiliki rumah layak. Sudah belasan tahun Ida dan Surja tinggal di gubuk karena rumah mereka roboh akibat gempa.

Ida bersama suaminya, Surja, duduk teras rumah yang telah direnovasi. (ACTNews/Rima Yanti)

ACTNews, KABUPATEN TASIKMALAYA – Sebelas tahun lamanya Ida (57) dan keluarga bernaung di gubuk sederhana di Cineam, Kabupaten Tasikmalaya. Lokasinya tepat di area bekas reruntuhan rumahnya yang terdampak gempa pada 2009 silam. Gubuk sederhana itu pun dibangun atas swadaya tetangga Ida yang peduli akan kondisi keluarga Ida.

Selama belasan tahun itu, Ida belum mampu membangun kembali rumah yang layak untuk keluarganya tinggal. Pendapatan harian yang ia kumpulkan dari hasil berjualan hanya mampu untuk mencukupi kebutuhan pokok. Selain itu, suaminya, Surja, tidak lagi bekerja sejak 2013 karena lumpuh akibat jatuh saat bekerja sebagai pemetik kelapa. Oleh karenanya, Ida menjadi satu-satunya tulang punggung keluarga selama tujuh tahun belakangan ini.

Dulu masih jualan keliling. Sekarang kan bapak (suami) sudah enggak bisa apa-apa, khawatir kalau butuh sesuatu, jadi ya sekarang serabutan saja. Kerja yang sekiranya tidak jauh meninggalkan rumah," ungkap Ida, Senin (15/6).

M. Fauzi Ridwan dari Tim Program ACT Tasikmalaya mengatakan, asesmen terhadap kebutuhan keluarga Ida telah dilakukan sejak September 2019 lalu. Rumah yang layak menjadi kebutuhan mendesak keluarga Ida. Setelah melakukan penggalangan dana melalui Kitabisa.com, rumah untuk keluarga Ida dibangun pada pertengahan Mei lalu atas kepedulian para dermawan.

Juni ini, Ida dan Surja akhirnya punya rumah layak huni yang bisa mereka tinggali dengan nyaman. “Hatur nuhun saya ucapkan untuk ACT dan semua donaturnya yang sudah membantu pembangunan rumah saya, alhamdulillah sekarang bisa tinggal dirumah layak, nyaman,” ungkap Ida tidak bisa menyembunyikan bahagianya.

Koordinator Program ACT Tasikmalaya Fauzi Ridwan menerangkan, pembangunan ini merupakan bagian dari program Mobile Social Rescue ACT Tasikmalaya. Program ini berjalan atas dukungan para dermawan. “Alhamdulillah program pembangunan rumah Ibu Ida ini sudah selesai dan sudah ditempati bersama suaminya,” kata Fauzi.[]