IDI dan BPBD Serdang Bedagai Nyatakan Siap Berkolaborasi dengan ACT dan MRI

ACT bersama MRI Sumatra Utara kembali menggelar Orientasi Relawan bertemakan ”Kobarkan semangat dalam menebar manfaat dan peduli kemanusiaan” di Aula Sultan Serdang Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai pada Sabtu (9/1/2021). Dalam acara tersebut juga, IDI dan BPBD Serdang Bedagai nyatakan siap berkolaborasi dengan ACT dan MRI Sumatra Utara.

Foto bersama relawan peserta Orientasi Relawan. (ACTNews)

ACTNews, SERDANG BEDAGAI – Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatra Utara kembali menggelar Orientasi Relawan. Orientasi yang mengusung tema ”Kobarkan semangat dalam menebar manfaat dan peduli kemanusiaan” ini digelar di Aula Sultan Serdang Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai pada Sabtu (9/1/2021).

Acara yang juga dihadiri oleh banyak pihak, di antaranya Kepala Cabang ACT Sumatra Utara Fadhli Septavianra, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Serdang Bedagai Samsuni, Ketua DPRD Serdang Bedagai dr. Riski Ramadhan Hasibuan, Ketua MRI Serdang Berdagai Bramono, SP., dan relawan MRI Serdang Bedagai. Hadir pula berbagai perwakilan komunitas masyarakat dan aparat setempat.

Dalam sambutannya Bramono mengatakan bahwa MRI Serdang Bedagai terus berkontribusi dalam misi kemanusian. Mulai dari bencana alam maupun non-alam.  Harapan ke depannya juga agar MRI Serdang Bedagai dapat bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait, baik negeri maupun swasta, agar melibatkan serta mendukung penuh kegiatan mereka. 


Relawan MRI Serdang Bedagai mempersiapkan pelatihan water rescue. (ACTNews)

“Apabila ada program yang sama-sama bisa kita jalankan kami juga siap untuk berkolaborasi. Dan kepada seluruh relawan MRI Serdang Bedagai tetap semangat tetap teguh, ikhlas, dan sabar dalam menjadi relawan. Yakinlah setiap kebaikan yang kita lakukan akan dibalas oleh Allah dengan kebaikan yang berlipat ganda. Relawan tidak dibayar bukan karena tidak bernilai, melainkan karena tak ternilai,” ujar Bramono.

Ketua DPRD Serdang Bedagai dr. Riski Ramadhan Hasibuan mengatakan bahwa saat ini dengan situasi sekarang ini jika berbicara tentang relawan sangat sulit karena banyak yang berpikir soal bayaran. “Kita sebagai relawan tidak gaji sepersen pun, kita full untuk kemanusiaan. Saya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai mendukung sepenuhnya dan berharap kepada pemerintah daerah agar bersinergi dengan MRI Serdang Bedagai,” kata Bramono.


Dokter Riski yang pernah menjadi salah satu relawan yang ikut mengevakuasi korban jatuhnya pesawat rombongan mantan Gubernur Sumatra Utara ini, juga menyatakan bahwa Ikatan Dokter Indonesia Serdang Begadai siap bersinergi dengan ACT-MRI Sergai untuk program kemanusiaan. Setelah mendapatkan pembekalan materi, para relawan MRI Serdang Bedagai juga melakukan pelatihan water rescue di Sungai Rampah. Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pembekalan kepada relawan untuk menangani penyelamatan korban banjir atau tenggelam. []