Idul Adha di Gunungkidul, Ada 150 Kambing Kurban untuk Warga Prasejahtera

Idul Adha di Gunungkidul, Ada 150 Kambing Kurban untuk Warga Prasejahtera

ACTNews, GUNUNGKIDUL - Hari Raya Idul Adha 1438 H telah tiba. Aktivitas penyembelihan hewan kurban semarak di mana-mana. Aksi Cepat Tanggap Yogyakarta tak mau ketinggalan. Sejak Jumat pagi (1/9), tak kurang dari 30 relawan sudah bergerak menuju Gunungkidul. Kali ini, proses penyembelihan hewan kurban bertempat di kompleks Masjid Abu Bakar Ash Shidiq, Dusun Tahunan, Desa Bulurejo, Kecamatan Semin.

Pada hari Idul Adha ini, Aksi Cepat Tanggap, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), bersama warga setempat melakukan penyembelihan 150 ekor kambing kurban. Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap DIY Agus Budi Hariadi.

"Alhamdulillah, tahun ini kami mendapatkan amanah menyembelih 500 ekor kambing se-DIY dan hari ini sudah 150 ekor yang disembelih. Daging kambing tersebut langsung disalurkan ke sekitar 3000 penerima manfaat di 11 kecamatan, yaitu Semin, Karangmojo, Ngawen, Paliyan, Pathuk, Panggang, Tanjungsari, Girisubo, Tepus, Saptosari, dan Rongkop," ujar Agus Budi.

Kambing-kambing yang disembelih adalah hewan yang berasal dari Lumbung Ternak Masyarakat (LTM) binaan ACT di Pakem, Sleman. Agus menambahkan, berkurban melalui Global Qurban-ACT tidak hanya mendapatkan harga kambing yang ekonomis karena tidak terpengaruh oleh harga pasar. Para pekurban juga ikut memberdayakan masyarakat," jelas Budi.

"Selain itu, sasaran distribusi daging adalah lokasi yang benar-benar membutuhkan dan telah disurvei oleh para relawan dan mitra-mitra kami yang terpercaya. Mudah-mudahan bisa menambah keberkahan bagi semua," imbuh Agus.

Ibu Giyarti, salah seorang penerima daging kurban, tak bisa menyembunyikan kegembiraannya.

"Alhamdulillah, ini adalah acara kurban yang pertama kali di sekitar sini. Mudah-mudahan bisa terus berkelanjutan. Kami tidak bisa membalas apa-apa, hanya berdoa semoga Allah membalas dengan yang lebih baik," ungkap Ibu Giyarti penuh semangat.

Hari Idul Adha memang akan berakhir dalam waktu beberapa jam. Namun demikian, masyarakat masih bisa menunaikan ibadah kurban mereka hingga hari tasyrik terakhir. Global Qurban-ACT di Yogyakarta pun masih menerima pendaftaran kurban hingga hari ketiga tasyrik, yaitu Senin (4/9).

“Mudah-mudahan ikhtiar kami ini bisa semakin mempermudah masyarakat dalam berkurban", pungkas Agus Budi. []

Tag

Belum ada tag sama sekali