Iduladha, 766 Domba untuk Pengungsi Suriah

Iduladha, 766 Domba untuk Pengungsi Suriah

ACTNews, IDLIB – Tanpa terasa, tanggal 10 Zulhijah sudah di depan mata. Miliaran umat Islam seluruh dunia semakin sibuk mempersiapkan hari raya Iduladha yang jatuh pada hari Selasa (21/8) di beberapa negara, atau hari Rabu (22/8) di beberapa negara lain. Begitu pun dengan Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap (ACT). Tahun ini menjadi tahun ketujuh Global Qurban melayani umat untuk melakukan ibadah kurban sekaligus membagikan berkahnya kepada saudara-saudari kita di Indonesia dan negara-negara lain di penjuru dunia.

Salah satu negara yang menjadi tujuan implementasi program Global Qurban adalah Suriah. Negeri yang termasuk ke dalam wilayah Syam ini telah dilanda perang saudara sejak 2011. Konflik yang tak kunjung reda selama tujuh tahun ini telah menyisakan banyak kerusakan, korban jiwa, serta jutaan orang yang harus kehilangan tempat tinggal, menjadi pengungsi internal di negaranya sendiri atau menjadi pengungsi di negara lain.

Global Qurban hadir untuk memberikan secercah kebahagiaan bagi para pengungsi di beberapa wilayah Suriah, salah satu di antaranya adalah Provinsi Idlib. Selasa (21/8), Tim Global Qurban sudah berada di sebuah perternakan di kota Salqin, yang terletak di Provinsi Idlib, Suriah. Andika Nasution dari Global Qurban – ACT memaparkan, lebih dari tujuh ratus ekor domba siap untuk dikurbankan.

“Insya Allah, tahun ini kami akan memotong 766 ekor domba yang akan kami distribusikan ke 18 titik pengungsian di kawasan utara Suriah. Para pengungsi berasal dari berbagai kota di Suriah,” papar Andika.

Salah satu tempat yang akan dijadikan sasaran distribusi daging qurban di Suriah pada tahun ini adalah kamp Aisyah di Atme, sebuah kota di Suriah yang berbatasan dengan provinsi Hatay di Turki. Kamp ini dinamakan kamp Aisyah karena sebagian besar penghuninya adalah janda.

“Ada sekitar 156 keluarga janda di sini yang hidup bersama anak-anaknya yang yatim. Ada sekitar 400 anak yatim di sini. Mereka tinggal dan mendapatkan pendidikan agama Islam dan Alquran di sini. Insya Allah, kamp ini akan menjadi salah satu lokasi distribusi kurban yang akan dilaksanakan oleh tim Global Qurban  pada tahun ini,” papar Andika dalam kunjungannya ke Kamp Aisyah, Senin (20/8).

Selama hari raya Iduladha dan hari tasyrik, Global Qurban - ACT berkhidmat untuk memberikan pelayanan terbaik untuk para pekurban yang hendak mendistribusikan daging kurban dan berbagi kebahagiaan di seluruh wilayah  di Indonesia dan 46 negara lain di seluruh dunia, termasuk wilayah-wilayah yang terkena dampak krisis kemanusiaan dan bencana alam. []

Tag

Belum ada tag sama sekali