Iduladha Semakin Dekat! Begini Persiapan Tim Global Qurban di Bangladesh

Sebulan sebelum hari raya kurban tiba, tim ACT sudah mempesiapkan kurban tahun ini di Cox’s Bazar, Bangladesh. Sempat terkendala lockdown di Bangladesh, ACT tetap teguh mengumpulkan hewan kurban untuk para pengungsi Rohingya yang telah lama hidup dalam kelaparan.

kurban rohingya bangladesh
Pelaksanaan kurban di Bangladesh selalui diikhtiarkan Global Qurban-ACT dari tahun ke tahun. (ACTNews)

ACTNews, COX’S BAZAR – Hari raya Iduladha akan tiba dalam hitungan hari. Tim Global Qurban-ACT terus mematangkan persiapan. Tidak hanya untuk pelaksanaan kurban di dalam negeri, namun juga di luar negeri. Di Bangladesh misalnya, tim ACT sudah tiba di Cox’s Bazar untuk mempersiapkan hewan-hewan kurban yang akan disembelih.

Mitra Global Qurban ACT di Bangladesh, Mohammad Anam menjelaskan, walau di tengah karantina wilayah, ia dan timnya terus berusaha memberikan persiapan hewan kurban terbaik. Terlihat sapi-sapi gemuk dan sehat memenuhi kandang dan siap menjadi pengantar kebaikan Sahabat Dermawan.

 “Kami sudah mempersiapkan ini lebih dari satu bulan sebelum Iduladha. Hewan kurban ini kami datangkan dari berbagai tempat di Bangladesh, dan semuanya kami kumpulkan di sini (Cox’s Bazar),” ujar Anam tim ACT di Bangladesh pada Kamis, (1/7/2021).

Saat hari raya kurban tiba, nantinya daging-daging kurban akan didistribusikan untuk para pengungsi Rohingya yang menetap di sejumlah kamp pengungsian di Cox’s Bazar. Para pengungsi hidup dalam keterbatasan di dalam tenda sederhana yang terbuat dari kayu dan terpal yang usang.

“Kami berkomitmen akan membantu para pengungsi yang sangat membutuhkan bantuan. Kalian tahu, di kamp pengungsian selama tahun ini, mereka tidak bisa memakan daging. Sebab mereka tidak memiliki uang untuk membelinya,” jelas Anam.

Aksi distribusi kurban untuk pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar pun bukan yang pertama kali. Pada 2020 lalu, ribuan pengungsi di Cox’s Bazar  bisa menikmati daging kurban dari Global Qurban-ACT. Tahun ini dengan Berqurban Tanpa Batas jumlah pengungsi yang bisa menikmati daging kurban diikhtiarkan meningkat.

“Namun, kami sangat membutuhkan bantuan Sahabat Dermawan. Dengan dukungan kalian, Insyaallah kami akan dapat memenuhi target kami untuk memberikan daging yang banyak kepada para pengungsi. Semoga Allah memberikan kita taufif untuk bisa menyumbang lebih banyak,” ajak Anam.[]