Iftar Bersama Etnis Uighur di Kayseri

Masuk pekan kedua Ramadan. ACT mengadakan buka bersama dengan diaspora Uighur di Kayseri, Turki.

Iftar Bersama Etnis Uighur di Kayseri' photo

ACTNews, KAYSERI – Dua pekan  sudah Ramadan berjalan. Masyarakat muslim sudah mulai terbiasa dengan keseharian berpuasa. Kehangatan Ramadan selalu dinanti, terlebih saat berbuka tiba.

Pun dengan masyarakat Uighur yang tinggal di Turki, khususnya di Kota Kayseri. Seperti Ramadan di tahun sebelumnya, Ramadan ini kembali mereka jalani di tengah keterbatasan. Apalagi dengan ketegangan konflik yang sempat terjadi di tanah kelahiran mereka: Xinjiang, Cina. Meski jauh dari pusat konflik, mereka kerap merasa khawatir dengan nasib saudara mereka yang masih berada di Xinjiang. Di tengah keterbatasan dan kekhawatiran ini, masyarakat Uighur tetap menjalankan ibadah puasa di negeri suaka.

Di Ramadan hari ke-9 hingga ke-11 lalu, atau tepatnya Selasa (14/5) hingga Kamis (16/5), Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendistribusikan paket berbuka puasa. Sajian iftar ini diberikan kepada masyarakat Uighur yang mengungsi dari Urumqi ke Kayseri.

Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT mengatakan, di Ramadan hari ke-9 hingga ke-11 itu, ratusan makanan iftar didistribusikan ke masyarakat Uighur. “Kondisi masyarakat Uighur di sini (Kayseri) tanpa pekerjaan tetap, mereka tidak memiliki harga benda dan bertahan hidup hanya dengan dukungan dari lembaga lokal setempat. Mereka datang dari Urumqi, Cina. Alhamdulillah, pada Ramadan ini kami kembali bersilaturahmi dan berbagi dengan mereka. Selama 3 hari kemarin, ada 620 jiwa yang menikmati paket iftar dari masyarakat Indonesia,” terang Firdaus, Ahad (19/5).

Masyarakat Uighur di Kayseri umummya hidup dari bantuan kemanusiaan. Hal ini mengingat status mereka yang menjadi imigran menjadikan mereka sulit mendapatkan pekerjaan.

Sebelumnya, tepatnya beberapa hari sebelum Ramadan tiba, Sabtu (4/5), ACT telah mendistribusikan paket pangan kepada etnis Uighur di Kayseri untuk keperluan Ramadan mereka. Sebanyak 160 paket pangan Ramadan diberikan kepada penyintas Uighur di Kayseri. Paket pangan itu berisikan minyak sayur, tepung jagung, garam, dan permen, yang diharapkan dapat menopang kebutuhan pangan di awal Ramadan. “Untuk Idulfitri  nanti juga direncanakan akan ada pendistribusian hadiah Lebaran kepada masyarakat Uighur di Kayseri,” pungkas Firdaus. []

Bagikan