Iftar dari Dermawan Indonesia Temani Keluarga Prasejahtera Gaza Berbuka Puasa di Hari Pertama

Kedermawan masyarakat Indonesia terus hadir mendampingi masyarakat Palestina, termasuk pada hari pertama Ramadan. Sajian iftar terbaik dibuat Humanity Food Truck Aksi Cepat Tanggap dan didistribusikan menggunakan tuktuk kepada masyarakat di Kamp Jabalia dan Om Al Naser, Gaza Utara.

Relawan ACT di Gaza membagikan iftar kepada masyarakat Palestina di Jabalia, Selasa (13/4/2021). (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Kedermawan masyarakat Indonesia terus hadir mendampingi masyarakat Palestina, termasuk pada hari pertama Ramadan. Melalui Aksi Cepat Tanggap, sajian iftar menyapa ratusan jiwa di Kamp Jabalia dan Om AlNaser, Gaza Utara. Dua tempat ini adalah lokasi terbesar di Gaza yang dihuni keluarga prasejahtera. 

Said Mukaffiy Global Humanity Response-ACT menjelaskan, warga di Jabalia dan Om AlNaser kerap menderita sakit karena kekurangan asupan gizi. “Sebab itu, wilayah ini menjadi tujuan pertama kami. Semoga bantuan ini bisa menambah kebahagiaan saudara kita di Jabalia,” kata Said.

Sajian iftar dimasak oleh Tim Humanity Food Truck. Tim ACT Palestina kemudian mendistribusikan hidangan tersebut menggunakan tuktuk atau gerobak motor langsung ke rumah-rumah warga. 

Para pengungsi pun amat bersuka cita menyambut menu iftar yang berbeda dari biasanya, Ada sayur, ayam, nasi kebuli, dan buah. Diiringi senyum, mereka mengucapkan terima kasih.


Gerobak Motor Wakaf ACT bersiap mengangkut sajian iftar untuk keluarga prasejahtera Gaza di Jabalia. (ACTNews)

Said menegaskan, Ramadan ini, ACT berikhtiar menjangkau 40.000 jiwa saudara di Gaza dan Yerusalem,  melalui bantuan iftar dan sahur. Selain bantuan pangan siap santap, ACT juga mengajak Sahabat Dermawan mendukung program bantuan kemanusiaan Ramadan lainnya bagi Palestina, antara lain paket pangan, hadiah lebaran, hadiah Al-Qur’an, hingga wakaf rumah.[]