Ikhlas dalam Memberi Kurban Terbaik

Berkurban adalah salah satu ibadah untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Oleh karenanya, menurut Ustaz Amir Faishol Fath, seorang muslim mesti memberikan hewan kurban yang terbaik. Selain itu, daging kurban terbaik ini juga nantinya akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Ikhlas dalam Memberi Kurban Terbaik' photo
Salah seorang peternak sedang mengurus hewan peliharaannya. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, JAKARTA – Ketika Allah memerintahkan kedua anak kandung Nabi Adam menyelesaikan sengketa mereka dengan berkurban, mereka membawa masing-masing hasil ternak dan pertanian mereka. Qabil memberikan buah-buahan dengan kualitas tak layak, sementara Habil menyerahkan daging domba yang paling gemuk dan paling besar. Api menyambar dari atas langit, tanda kurban salah satunya diterima.

“Tahu tidak? Yang diterima kurbannya Habil. Karena Habil bersih hatinya dan ia memberikan kurban yang terbaik. Jadi bukan asal menyembelih. Karenanya ada persyaratannya, tidak boleh ada cacatnya dan memberikan yang terbaik,” jelas Ustaz Amir Faishol Fath ketika menceritakan kisah kurban Habil, Selasa (2/6).


Demikian bahwa kurban juga berasal dari kata ‘qoroba yaqrobu’, yang artinya mendekat, “Maksudnya adalah mendekat kepada Allah 
Subhanahu wa Ta’ala,” kata Ustaz Amir.

Begitu pula ketika momen kurban sekarang ini tiba. Ustaz Amir mengajak para dermawan untuk meniru Habil, memberikan kurban mereka yang terbaik karena kurban ini hadiah untuk Allah dan merupakan cara mendekatkan diri kepada Allah.


Salah satu penerima manfaat dari daging kurban. (ACTNews/Reza Mardhani)

“Makanya kata Allah apa? Allah tidak mengambil darahnya, Allah tidak mengambil dagingnya, tapi yang Allah ambil adalah keikhlasan kita. Ini oleh Imam Nawawi dijadikan dalil dalam babul Ikhlas, dalam kitab Riyadhus Shalihin,” kata Ustaz Amir.

Apalagi saat ini memasuki masa sulit, di mana pandemi sedang menyebar. Daging-daging terbaik ini juga yang diberikan kepada yang terdampak. Seperti yang terjadi di Turki, dikutip dari Okezone, 180 ekor domba diberikan seorang dermawan pada Kamis (28/5) lalu untuk mereka yang membutuhkan.

Mendekati Iduladha ini, Ustaz Amir mengajak kepada hal yang sama. Yakni senantiasa berbagi yang terbaik kepada saudara-saudara sesama, sehingga mereka juga dapat merayakan bahagianya hari raya.

“Kita berbahagia, kita berbagi. Di hari raya, kita buat senyum untuk saudara-saudara kita sekalipun dalam kondisi pandemi seperti ini. Di hari raya Idulfitri, kita berbagi dengan zakat fitrah. Hari raya Iduladha kita berbagi dengan ibadah kurban. Supaya kita bisa kebagian besar dan agungnya pahala dalam hari raya ini,” kata Ustaz Amir.

Oleh karenanya Ustaz Amir menyarankan juga kepada sahabat dermawan untuk memberikan yang terbaik, serta tentu saja, mengikhlaskan kurban yang diberikan untuk Allah, “Inilah dia cara berkurban. Mudah-mudahan (keikhlasan) kita semua diterima oleh Allah dalam kurban yang akan kita laksanakan nanti. Semoga Allah berkahi (kita semua),” harap Ustaz Amir. []


Bagikan

Terpopuler