Ikhtiar Atasi Kekeringan di Gunungkidul Lewat Sumur Wakaf

Saat kekeringan, sumur dangkal yang dimiliki warga biasanya kering sama sekali dan warga hanya dapat mengandalkan sumur bor yang jumlahnya hanya satu buah di dusun itu. Proses pembangunan satu sumur bor lagi kini sedang diusahakan oleh Global Wakaf.

Pembangunan Sumur Wakaf yang telah dimulai semenjak Senin (4/11) lalu. (ACTNews/Nasrudin)

ACTNews, GUNUNGKIDUL – Memasuki bulan November, hujan mulai turun di berbagai daerah. Namun di Kabupaten Gunungkidul, hujan yang turun masih dengan intensitas yang cukup rendah. Sehingga, hujan belum mampu menuntaskan kekeringan yang diakibatkan kemarau panjang berbulan-bulan lamanya di kabupaten itu.

Kondisi ini terlihat di Dusun Keringan Lor, Desa Bulurejo, Kecamatan Semin, Gunungkidul. Dusun tersebut mengalami kesulitan air bersih sejak berberapa bulan yang lalu. Sumur dangkal yang digunakan oleh warga bahkan sampai kering total saat ini.

“Di sini memang ada satu sumur bor, hanya saja airnya sering mampet karena airnya sering dipakai warga satu dusun. Jadi kalau untuk seluruh warga di sini, air dari satu sumur bor saja belum cukup," jelas Suroto, warga Dusun Keringan Lor, Kamis (7/11).

Untuk mempermudah warga dusun untuk memperoleh air, Global Wakaf melalui program Sumur Wakaf, tengah membangun sumur bor di Dusun Keringan Lor untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih warga, tepatnya di Musala At Taqwa. Pembangunan sumur bor telah dimulai sejak Senin (4/11) lalu, dengan target kedalaman 80 meter. Diperkirakan aliran air dari sumur ini akan bermanfaat bagi 364 jiwa yang tinggal di sana.


Kondisi bangunan Musala At Taqwa tempat Sumur Wakaf dibangun. (ACTNews/Nasrudin)

Guna melengkapi sumur bor yang tengah dibangun, Global Wakaf juga akan membangun MCK serta tempat wudu di Musala At Taqwa. Nantinya Sumur Wakaf diharapkan tidak hanya menyediakan akses untuk air bersih, tapi juga memfasilitasi warga untuk sanitasi, serta air keperluan untuk ibadah.

Kharis Pradana dari tim Global Wakaf berharap Sumur Wakaf ini dapat selesai dengan sepecatnya sehingga segera dimanfaatkan masyarakat Dusun Keringan Lor, serta jemaah Musala At Taqwa. Kharis juga berterima kasih kepada dermawan yang sudah mau membantu warga dusun lewat program Sumur Wakaf.

“Global Wakaf akan terus membangun Sumur Wakaf di berbagai daerah yang rawan kekeringan. Kita juga turut berterima kasih kepada Alumni PCPB 3 Bank Indonesia selaku wakif, semoga Sumur Wakaf ini menjadi keberkahan dan manfaatnya akan terus mengalir,” ujar Kharis. []