Ikhtiar Bersama Redam Penyebaran Covid-19

Sejak pekan lalu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Yayasan Rumah Panca Sila menggelar aksi penyemprotan di simpul keramaian menggunakan disinfetkan alami berupa cairan probiotik untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Penggunaan bahan alami ini diharapkan mampu menggantikan cairan disinfektan kimia yang berdampak buruk jika terkena makhluk hidup.

Ikhtiar Bersama Redam Penyebaran Covid-19' photo
Aksi penyemprotan probiotik yang dilakukan ACT bersama Yayasan Rumah Panca Sila di salah satu titik di Jakarta. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Pandemi Covid-19 belum berakhir. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir jumlah kasus positif terus meningkat. Sejak Maret lalu, jumlah jiwa yang dinyatakan positif terinfeksi virus telah menembus angka lebih dari 200 ribu. Jika tak ada tindakan tepat dan ikhtiar untuk terus menekan jumlah kasus, dikhawatirkan pandemi ini akan terus meluas dan mengancam setiap nyawa.

Merespons hal ini, Aksi Cepat Tanggap bersama Yayasan Rumah Panca Sila berikhtiar dengan menyemprotkan probiotik di titik-titik keramaian di Jakarta dan sekitarnya. Rabu (9/9) misalnya, ada sembilan titik yang dilakukan penyemprotan bahan alami ini guna menekan penyebaran virus. Aksi ini dilakukan oleh tim Disaster Emergency Response-ACT.

Lukman Solehuddin sebagai Koordinator Aksi mengatakan, sembilan titik yang dilakukan penyemprotan pada Rabu kemarin bertempat di Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Jalan raya menjadi target utama karena dilintasi banyak orang karena menggunakan bahan yang alami.

“Aksi penyemprotan ini melibatkan 12 relawan dengan total cairan yang disemprotkan mencapai enam ribuan liter,” jelas Lukman, Kamis (10/9).

Aksi penyemprotan probiotik ke titik-titik keramaian ini sebelumnya pun telah dilakukan. Pekan lalu, wilayah Depok dan Tangerang Selatan juga mendapatkan aksi ini. Lukman juga menjelaskan, pada pekan kedua bulan September ini, sejumlah wilayah di kotamadya DKI Jakarta, baik selatan, barat, utara, timur dan pusat juga akan digelar aksi serupa.

Penyemprotan probiotik di simpul keramaian dilakukan untuk mengurangi potensi virus yang bisa saja menyebar lewat udara. Bahan utama yang terbuat dari bahan alami pun diharapkan tidak berdampak buruk jika terkena makhluk hidup dan tidak merusak kendaraan yang melintas.[]

Bagikan

Terpopuler