Ikhtiar Dampingi Korban Kebakaran di Jakarta Utara

Kebakaran menjadi salah satu musibah yang acap terjadi di Jakarta Utara. Hal ini yang kemudian diikhtiarkan oleh ACT untuk terus mendampingi korban terdampak lewat bantuan kemanusiaan buah kedermawanan masyarakat.

Distribusi bantuan kemanusiaan dari ACT untuk warga korban kebakaran di Jakarta Utara. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA UTARA – Sebagai wilayah yang banyak lokasi padat penduduk, membuat Jakarta Utara rawan dilanda bencana kebakaran. Seperti pada 9 Mei 2021 lalu, kebakaran menghanguskan rumah di dua RT di Kapuk Muara, Penjaringan. Musibah ini tak memakan korban jiwa, tapi menyiasakan duka dan membuat kerugian sehingga menimbulkan beban finansial hingga saat ini.

Saat tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyambangi lokasi kebakaran pada Rabu (16/6/2021), masih ada warga korban kebakaran yang masih belum bisa membangun kembali rumahnya. Mereka untuk sementara waktu bertahan di tenda atau tempat seadanya yang berdiri tak jauh dari puing bangunan rumah mereka.

Salah satu warga yang ditemui tim ACT mengatakan, sekarang, korban terdampak tengah berusaha keras mencari dana tambahan untuk membangun ulang kediaman mereka. Bagi yang masih memiliki uang sisa THR agaknya lebih ringan, sayang, lain cerita bagi warga yang tak memiliki sisa harta sama sekali.

Selain di Kapuk Muara, titik lain yang dilanda kebakaran ada di Jalan Pesanggrahan, Pademangan Timur pada Rabu (16/6/2021). Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik tersebut menghanguskan sekitar 50 rumah yang dihuni sekitar 500 jiwa. Mayoritas warga terdampak merupakan warga prasejahtera, membuat pemulihan pascamusibah cukup sulit.

“Kami di wilayah RW 12 dari segi ekonominya 70 persen pekerja serabutan. Sehingga, kami sangat berharap bantuan supaya warga yang tekena musibah bisa kembali pulih,” Kata Ketua RW 12 Pademangan Timur Fairuz.

Bantuan kemanusiaan

Merespons bencana yang acap kali terjadi di Jakarta Utara, ACT berikhtiar mendampingi korban terdampak lewat bantuan kemanusiaan. Seperti di pertengahan Juni ini, paket pangat pangan lewat Gerakan Sedekah Pangan Nasional didistribusikan ke warga terdampak kebakaran di Kapuk Muara dan Pademangan Timur.

Harun Basalamah dari tim Program ACT Jakarta Utara mengatakan, bantuan yang paling mendesak seperti pangan, alat kebersihan, hingga pakaian menjadi bantuan yang segera didistribusikan untuk warga terdampak kebakaran. “Ini merupakan ikhtiar kami menanggulangi bencana yang sering terjadi di Jakarta Utara. Bantuan ini merupakan dukungan dari para dermawan, semoga bisa meringankan beban korban di masa pemulihan,” jelasnya.[]