Ikhtiar Global Wakaf-ACT Memajukan UMKM Indonesia

Wakaf Entrepreneur Center Global Wakaf-ACT Wakaf Entrepreneur Academy, Wakaf Entrepreneur Research, dan Wakaf Entrepreneur Expo.

Ilustrasi. Salah satu kios UMKM yang didatangi tim Global Wakaf-ACT beberapa waktu lalu di daerah Jakarta Selatan. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Menindaklanjuti Program Wakaf Usaha Produktif dan Wakaf Usaha Mikro Indonesia, Global Wakaf-ACT berikhtiar semakin memajukan UMKM Indonesia melalui penyediaan Wakaf Entrepreneur Center.

Wakaf Entrepreneur Center didesain sebagai wadah yang memiliki sejumlah program. Program-program tersebut adalah Waqf Entrepreneur Center antara lain Waqf Entrepreneur Academy, Waqf Entrepreneur Research, dan Wakaf Entrepreneur Expo. Rushan Novaly dari Tim Global Wakaf-ACT menjelaskan, Waqf Entrepreneurship Academy. berfokus pada kegiatan edukasi tentang kewirausahaan, baik softskill maupun hardskill. Para pelaku UMKM akan mendapatkan berbagai macam kurikulum seperti konsultasi UMKM, jejaring, dan pendampingan.

“Insyaallah, dalam waktu dekat kami akan menggelar pelatihan untuk pendamping UMKM terlebih dahulu,” kata Rushan, Senin (22/3/2021). Pelatihan-pelatihan yang disediakan diharapkan meluaskan jangkauan bisnis para pelaku UMKM.

Pelaku UMKM juga akan dibantu dengan hadirnya Waqf Entrepreneur Research yang menjadi pusat data untuk mengembangkan bisnis. Kebutuhan data bagi suatu UMKM bisa membantu untuk memetakan promosi dan pengembangan produk. 

Sementara itu, Waqf Entrepreneur Expo akan menjadi tempat untuk mempromosikan produk. “Insyaallah, ke depan, ada dua jenis pameran produk yang akan disediakan, yaitu virtual expo dan convention expo. Waqf Entrepreneur Centre diharapkan bisa menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk bisa mengembangkan bisnis. Kami perlu penguatan dari para pewakif untuk mensukseskan ikhtiar ini,” pungkas Rushan.[]