Ikhtiar Guru Honorer Ali As’at di tengah Pandemi Covid-19

Pembatasan kegiatan keagamaan dan dan pendidikan turut memengaruhi penghasilan Ali As’at, seorang guru honorer dan juga modin di Lamongan, Jawa Timur.

ali as'at
Ali As’at seorang guru honorer dan modin di sebuah desa di Lamongan. (ACTNews)

ACTNews, LAMONGAN — Pandemi Covid-19 hampir memukul semua sektor kehidupan. Aktivitas masyarakat dibatasi, perkumpulan yang dapat dihadiri banyak orang dilarang, hingga pembelajaran di sekolah dilakukan daring. Para guru honorer pun terdampak  kebijakan ini.

Ali As’at (48) seorang guru honorer sekolah dasar di Desa Madulegi, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan harus jatuh bangun memenuhi kebutuhan keluarga. Selama pandemi Covid-19, kegiatan sekolahnya dilakukan daring. Gaji yang ia terima pun harus dikurangi. 

“Kalau masuk saya dibayar per jam Rp40 ribu. Ini siswa enggak masuk, saya tetap ke sekolah dihitungnya jadi per hari Rp60 ribu, dihitung-hitung berkurang. Digaji demikian karena belajarnya daring, di desa tidak semua siswa dan orang tuanya memiliki hp (handphone) jadi sulit kalau dihitung per jam,” kata As’at, Ahad (30/5/2021).

Dari gaji yang didapat, As’at gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayar pendidikan kedua anaknya. Beberapa kali ia tidak mempunyai uang untuk membeli kebutuhan pangan. Ia terpaksa berutang di warung. 

Usai mengajar di sekolah dasar, As’at menjadi guru mengaji di Taman Pendidikan Qur’an Masjid At-Taqwa di desanya. Tak ada pemasukan dari mengajar mengaji, ia lakukan semata-mata karena rida ilahi. Selain menjadi guru, As’at juga ditunjuk oleh masyarakat sebagai modin saat ada warga yang meninggal. 

“Saat pandemi Covid-19 kegiatan keagamaan yang selama ini berjalan harus dibatasi seperti tahlilan dan kenduri. Jadi untuk mencukupi kebutuhan sehari hari juga semakin berkurang,” ungkapnya.

Untuk membantu perjuangan As’at, Global Zakat-ACT menyampaikan amanah dari muzaki dengan menyalurkan bantuan berupa biaya hidup. “Alhamdulillah, semoga program Sahabat Guru Indonesia dapat terus memberikan keberkahan untuk kita semua,” harapnya.[]