Ikhtiar Hadirkan Air Bersih di Lereng Pegunungan Kapur Kendeng

Desa Sumbersari Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati berada di lereng pegunungan kapur Kendeng. keadaan tanah yang demikian membuat mereka sulit memperoleh air bersih. Ditambah sumur dangkal yang mereka gunakan sering kering pada musim kemarau.

Ikhtiar Hadirkan Air Bersih di Lereng Pegunungan Kapur Kendeng' photo
Proses pembangunan Sumur Wakaf di Desa Sumbersari. (ACTNews)

ACTNews, PATI – Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati berada di lereng pegunungan kapur Kendeng. Karakter tanah yang tersusun atas batuan kapur, membuat tingkat daya tangkap tanah untuk menahan air tanah yang meresap sangatlah rendah.

Kondisi tersebut mengakibatkan sumber air daerah tersebut sangat sedikit. Kebanyakan dari warga hanya mengandalkan sumur dangkal untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari, dan sebagian wilayah daerah masih sering mengalami kekurangan air bersih,” ungkap Hamas Rausyanfikr dari Tim Global Wakaf – ACT Jawa Tengah. 

Namun, sumur dangkal ini hanya memiliki air pada musim penghujan saja. Apabila tiba musim kemarau, maka ketersediaan air akan berkurang bahkan untuk wudu sekalipun, seperti di RW 2, tepatnya di Musala Al Ja’far.

Pada musim kemarau warga bergantung pada bantuan air bersih yang didistribusikan secara gratis oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati. Dibutuhkan upaya melakukan pengeboran sumur dalam untuk mencapai akuifer yang memiliki cadangan air tanah besar, agar sumber air dapat terus mencukupi,”

Untuk memudahkan akses air warga di Desa Sumbersari, Global Wakaf – ACT membangun satu unit Sumur Wakaf di Musala Al Ja’far. Pembangunan telah dimulai sejak bulan Juni lalu dan rampung pada Rabu (23/7) silam.


Seorang ibu sedang memanfaatkan air dari Sumur Wakaf yang baru saja rampung. (ACTNews)

“Kami berharap selain bagi jemaah musala, Sumur Wakaf ini juga bisa bermanfaat bagi warga-warga yang tinggal di sekitarnya. Kami targetkan ada 50 kepala keluarga yang nantinya merasakan manfaat dari Sumur Wakaf," terang Hamas.

Hamas pun mengajak para dermawan untuk meluaskan manfaat dari Sumur Wakaf kepada masjid-masjid lainnya yang ada di Jawa Tengah. “Sumur Wakaf dapat membantu banyak pihak, karena selain bermanfaat bagi aktivitas jemaah, warga sekitar yang kesulitan juga dapat memanfaatkannya. Sementara masih banyak lagi para masyarakat yang membutuhkan air bersih di Pati. Kami berharap mereka bisa beribadah dan berkegiatan dengan lancar tanpa terkendala persoalan dasar seperti air bersih. Oleh karenanya kami mengajak para wakif untuk terus mendukung program ini melalui laman Indonesia Dermawan atau melalui rekening BNI Syariah 66 0000 1179,“ ajak Hamas. []