Ikhtiar Hadirkan Pasokan Air di Desa Bumbung, Bengkalis

Warga Desa Bumbung, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, kesulitan untuk mendapatkan air di setiap kemarau. Sebagian warga mengandalkan genangan air dari bekas galian atau dari kolam-kolam kecil yang sengaja dibuat untuk menampung air hujan. Sebagian lain memilih membeli air atau menunggu bantuan datang.

Sejumlah warga memanfaatkan air dari Sumur Wakaf yang baru selesai dibangun di Masjid Nurdamsiah. (ACTNews)

ACTNews, BENGKALIS – Desa Bumbung, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, secara geologi berada di dataran rendah. Karakter tanah di Desa Bumbung terdiri dari tanah berbatu dan tanah gambut. Sebab itu, saat musim kemarau, Desa Bumbung lantas kesulitan air.

Masjid Nurdamsiah, salah satu masjid Desa Bumbung pun kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih para jamaah. Walaupun ada sumber air dari salah satu sumur warga, Selain itu kebutuhan untuk mengalirkan air seperti selang dan tangki juga minim.

Keadaan itu terjadi beberapa bulan lalu, sebelum Sumur Wakaf di Desa Bumbung dibangun. Global Wakaf – ACT menghadirkan satu unit Sumur Wakaf untuk Masjid Nurdamsiah. Sumur Wakaf tersebut rampung dan telah dapat digunakan sejak Selasa (24/11) lalu. 

Koordinator Program ACT Riau Benny Andrizal menjelaskan, Beberapa waktu lalu, bila musim kemarau, warga Desa Bumbung harus membeli air. Bahkan, sebagian mengandalkan genangan air dari bekas galian atau kolam-kolam kecil yang sengaja dibuat untuk menampung air hujan. Alternatif lainnya, warga menunggu bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat.


Proses pengeboran Sumur Wakaf di Desa Bumbung. (ACTNews)

“Kami berharap, bukan hanya jemaah yang dapat menikmati airnya, tetapi juga warga secara umum. Ada 20 kepala keluarga di sekitar masjid ini yang kami harap juga dapat memanfaatkan Sumur Wakaf,” katanya.

Benny juga menerangkan, sebelumnya, warga juga tengah membangunan Masjid Nurdamsiah secara swadaya. Kondisi perekonomian sebagian besar warga yang terbilang prasejahtera membuat pembangunan tersebut berjalan seadanya. Global Wakaf-ACT pun hadir membantu pengadaan Sumur Wakaf seiring pembangunan masjid.


Imam, salah seorang warga Desa Bumbung pun bersyukur dengan pembangunan Sumur Wakaf. “Kami tidak bisa membalas budi para wakif dan pengurus Global Wakaf – ACT, khususnya di Kabupaten Bengkalis. Apa yang terbaik bisa diterima oleh Allah SWT dan semoga Global Wakaf – ACT tetap sukses. Semoga siapa saja yang belum bisa mendapatkan pertolongan ini, bisa terwujud dengannya,” harap Imam.

Global Wakaf-ACT terus berikhtiar meluaskan manfaat Sumur Wakaf di Provinsi Riau.  Dermawan dapat menyampaikan wakaf terbaik melalui BNI Syariah di nomor 10 10000 182 atau melalui Indonesia Dermawan.[]