Ikhtiar Maesaroh Membawa Usaha Buburnya Lewati Pandemi

Berjualan bubur semakin sulit dirasakan Maesaroh saat pandemi seperti sekarang. Sempat buburnya tak terjual sama sekali sampai harus dibagikan kepada tetangga.

bantuan modal usaha
Untuk menyiasati usaha yang sulit, selain menjual melalui gerobak, Maesaroh juga mendaftarkan makanannya di aplikasi ojek daring. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Maesaroh selama ini ikut berjualan bubur bersama saudaranya. Usaha tersebut terbilang sukses dan cukup berkembang, sebab dapat memenuhi kebutuhan keluarga mereka berdua sehari-hari.

Tetapi setelah pandemi, usaha makanan ini pun turut terdampak. Saudara Maesaroh pun memilih pulang ke kampung. Tinggal Maesaroh sendiri yang tetap ingin melanjutkan dagangan bubur sampai saat ini.

“Tanggungan saya saat ini ada anak-anak saya masih belum bekerja, kalau suami sekarang ojek online,” kata Maesaroh ditemui di Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Kamis (2/8/2021) lalu. Kedua anaknya tersebut kini turut membantu Maesaroh berdagang.

Maesaroh tetap ulet melewati masa-masa sulit seperti pandemi sekarang, terutama ketika PPKM Darurat baru saja diberlakukan beberapa waktu lalu. Jumlah pelanggan menurun drastis. Bahkan pernah satu hari, dagangan Maesaroh sama sekali tak mendapatkan pembel. “Akhirnya saya bagikan buburnya ke tetangga,” tambah Maesaroh.


Sempat juga baru-baru ini, gerobak Maesaroh jatuh pada saat ia akan berjualan. Kerusakannya cukup banyak, beberapa bagian pecah, patah, dan sulit digerakkan. Sehingga selain untuk kebutuhan sehari-hari, Maesaroh kini juga mengumpulkan modal untuk memperbaiki gerobak.

Tetapi Maesaroh tak pasrah begitu saja. Ia terus mencari jalan agar usaha bubur ini tetap sampai ke pelanggan. Baru-baru ini ia mencoba menjual bubur dengan menjadi mitra ojek daring.

Untuk turut membantu perjuangan Maesaroh, Global Wakaf-ACT memberikan bantuan modal melalui program Wakaf UMKM. Maesaroh berencana menambah bahan baku dengan modal wakaf ini, serta memberbaiki kembali beberapa bagian gerobaknya. Maesaroh berharap dengan adanya bantuan ini, dapat membantu mendorong usahanya sehingga kembali lancar seperti kala normal. []