Ikhtiar Menyediakan Sumber Air Bersih bagi Warga Desa Sitiaji Bojonegoro

Warga Desa Sitiaji, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro, sangat kesulitan mendapatkan air bersih ketika musim kering. Terkadang mereka hanya menunggu sampai datangnya bantuan.

Ikhtiar Menyediakan Sumber Air Bersih bagi Warga Desa Sitiaji Bojonegoro' photo
Sumur Wakaf yang dibangun di Musala At-Taqwa Desa Sitiaji. (ACTNews)

ACTNews, BOJONEGORO – Musim kemarau dimulai Juli lalu di Desa Sitiaji, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro. Kekeringan kemudian terjadi beberapa bulan. Warga desa pun kesulitan mendapatkan air bersih.

Moch Nurul Ramadhan dari Tim Global Wakaf – ACT Bojonegoro menerangkan, selama ini warga desa hanya mengandalkan bantuan air bersih, baik swadaya warga maupun dari pemerintah setempat. Krisis air bersih juga menjadi kendala bagi masjid dan musala yang di empat dukuhan. Fasilitas sanitasi dan air bersih untuk para jamaah masih sangat minim. “Kondisinya benar-benar membutuhkan bantuan. Ketersediaan air, tempat wudu, dan MCK sangat dibutuhkan,” kata Nurul.

Menurut Nurul, kesulitan air bersih yang dialami warga Desa Sitiaji membutuhkan penanganan segera. Keadaan ini berdampak pada kegiatan ekonomi, pendidikan dan sosial keagamaan.

Global Wakaf – ACT pun tengah berikhtiar dengan membangun satu unit Sumur Wakaf di Musala At-Taqwa, Desa Setiaji pada pertengahan Oktober lalu. Menurut Nurul, satu unit sumur belumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan warga.

“Ada hampir dari 150 jiwa yang mendapatkan akses air bersih dengan kehadiran Sumur Wakaf Oktober lalu. Selain jamaah musala, sumur wakaf juga dimanfaatkan oleh warga secara umum. Namun, masih banyak warga yang belum tersentuh akses air bersih. Sebab itu, dukungan wakif dermawan amat perlu untuk membangun sumber air yang lebih banyak, ” ujar Nurul. Bantuan untuk mendukung pembangunan sumur wakaf dapat disalurkan wakif melalui Indonesia Dermawan atau transfer ke rekening BNI Syariah 1010000262 atas nama Yayasan Global Wakaf.

Bagaimana pun, kehadiran sumber air di Desa Setiaji amat berharga. Mad Alin selaku Takmir Masjid At-Taqwa mengungkapkan rasa terima kasih mewakili warga. “Saya mengucapkan terima kasih banyak atas dibangunnya Sumur Wakaf dari Ibu Gayatri Rawit A (wakif) melalui Global Wakaf – ACT. Warga, terutama RT 05, Desa Sitiaji dan jamaah musala At-Taqwa sekarang sudah punya sumber air, ada tempat wudu, dan juga MCK yang sangat membantu aktivitas ibadah dan sehari-hari warga,” katanya.[]


Bagikan

Terpopuler