Ikhtiar Siti dan Iksan Buka Pintu Rezeki dari Jualan Kue Pukis

Setelah keluar dari pekerjaan, pasangan suami-istri Sini Sunarti (49) dan Iksan (49), mantap berjualan kue pukis buatan mereka. Namun, pandemi turut mendampak usaha pedagang kue di Kota Yogyakarta ini.

Siti Sunarti (49) dan Iksan (49), salah satu penerima manfaat Wakaf Modal usaha Mikro Indonesia, berjualan kue di pinggir jalan daerah Taman Siswa, Kota Yogyakarta. (ACTNews)

ACTNews, YOGYAKARTA – Berawal dari hobi memasak, Siti Sunarti (49) membuat kue pukis untuk dicoba rekan-rekannya di tempat kerja. Guru salah satu TK di Kota Yogyakarta itu pun mendapat respons positif dari para kolega. Ia pun kembali meyakinkan diri, kue buatannya ia tawarkan juga kepada rekan-rekan di kantor suaminya, Iksan (40), yang saat itu masih bekerja sebagai karyawan marketing di sebuah perusahaan media cetak.

Dari ulasan positif teman-teman mereka, Siti dan Iksan yakin memulai usaha kue pukis. “Berjualan kue dimulai saat acara tahunan sekaten di Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta,” cerita Siti, Jumat (26/3/2021). 

Merasa prospek berjualan kue lebih bagus dan kebutuhan ekonomi semakin meningkat, pasangan asal Kelurahan Purwokinanti, Kecamatan Pakualaman, Yogyakarta, ini mengundurkan diri dari pekerjaan masing-masing. Kini mereka berjualan setiap hari di sekitar jalan Taman Siswa, Kota Yogyakarta.


Iksan melayani seorang pelanggan yang membeli kue pukis. (ACTNews)

Usaha Siti dan Iksan berjalan lancar. Namun, pandemi Covid-19 membuat usaha mereka turun drastis. Siti dan Iksan pun butuh gerobak baru . Padahal, berjualan kue pukus jadi satu-satunya penghasilan keluarga dengan satu anak itu.

Rushan Novaly dari Tim Program Global Wakaf-ACT menerangkan, ikhtiar pasangan Siti dan Iksan mendorong Global Wakaf-ACT membantu mereka. “Tim Global Wakaf-ACT sudah melakukan asesmen langsung ke Yogyakarta, pasangan ini sangat berharap bisa mengembangkan usaha, salah satunya dengan memperbaiki atau bahkan membeli gerobak jualan mereka yang mulai usang,” jelas Rushan.


Bantuan modal usaha pun diberikan kepada Siti dan Ikhsan. Rushan berharap, dana wakaf dari para wakif yang telah mengamanahkan melalui Global Wakaf-ACT bisa membantu perkembangan usaha kue pukis Siti dan Iksan.

“Mari dukung para pedagang kecil atau pelaku usaha mikro yang tengah berjuang memenuhi kebutuhan sehari-hari, dengan wakaf terbaik kita” ajak Rushan.[]