Ikhtihar Mengentaskan Kekeringan di Way Kanan, Lampung

Global Wakaf terus memaksimalkan usaha untuk menghadirkan air bersih di Desa Mulya Agung dan beberapa titik lain di Kecamatan Negeri Agung.

Ikhtihar Mengentaskan Kekeringan di Way Kanan, Lampung' photo

ACTNews, WAY KANAN - Kini warga Desa Mulya Agung, Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Way Kanan, Lampung dapat sedikit lega. Pasalnya, masalah kekeringan air yang selama ini menghantui mereka sekarang mulai teratasi dengan hadirnya Sumur Wakaf. Warga sudah dapat menikmati air untuk kebutuhan sehari-hari.

“Hari kelima setelah Idulfitri kami mulai pengeboran. Enam hari setelahnya, kedalaman pengeboran mencapai 60 meter dan air keluar dengan banyak. Bahkan, seharian tidak habis airnya,” kata Dian Eka Darma Wahyuni dari tim Global Wakaf pada Selasa (25/6) lalu.

Daerah yang dihuni oleh transmigran asal Jawa dan Bali sejak 1983 ini, memang minim air sejak dahulu. Tekstur tanah yang keras jadi penyebab sumur galian yang diandalkan oleh warga tidak mengeluarkan air secara maksimal.

“Untuk air dari Sumur Wakaf pun masih perlu kami maksimalkan lagi agar jernih dan dapat mengalir ke rumah-rumah warga. Kami sedang melakukan penjernihan sumur agar air tidak mengandung butiran pasir. Kami juga tengah membangun tangki air dan pipa-pipa menuju rumah warga,” ujar Dian.