Indahnya Berbagi Pangan di Hari Pangan Sedunia

Lumbung Sedekah Pangan menjadi ikhtiar ACT Maluku dalam memenuhi kebutuhan pangan warga yang sangat terdampak pandemi. Setiap pekannya, warga yang membutuhkan rutin mengambil bahan pangan di Lumbung Sedekah Pangan.

Indahnya Berbagi Pangan di Hari Pangan Sedunia' photo
Warga Maluku secara rutin mengambil bahan pangan yang tersedia di Lumbung Sedekah Pangan. (ACTNews/Maya)

ACTNews, AMBON – Dalam memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada Jumat (16/10), Aksi Cepat Tanggap (ACT) Maluku berbagi pangan gratis untuk keluarga prasejahtera di tengan pandemi Covid-19. Pendistribusian bantuan pangan ini bertempat di kawasan batu merah dan Rijali, Kota Ambon.

“Bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia pada hari ini (Jumat), kami membagikan bahan pangan yang tersedia di Lumbung Sedekah Pangan (LSP) untuk keluarga prasejahtera di tengah pandemi Covid-19 di Maluku,” kata Kepala Cabang ACT Maluku Wahab Loilatu, Jumat (16/10). 

Wahab menambahkan, Lumbung Sedekah Pangan menjadi ikhtiar ACT Maluku dalam memenuhi kebutuhan pangan warga yang sangat terdampak pandemi. Setiap pekannya, warga yang membutuhkan rutin mengambil bahan pangan di Lumbung Sedekah Pangan. 

Risnawati (29), penjual roti keliling yang mendapatkan bantuan pangan, sangat senang dengan adanya pembagian pangan dari program Lumbung Sedekah Pangan. Ia merasa terbantu, apalagi semenjak ada pandemi pendapatannya sangat menurun. Belum lagi suaminya yang bekerja sebagai buruh kasar di pelabuhan saat ini juga sedang tidak bekerja.

“Untuk pendapatan saat ini sangat menurun 80.000 hingga 100.000 (rupiah) per hari. Jadi (bantuan) ini sangat membantu beta untuk kebutuhan beberapa hari ke depan,” ungkap Risnawati.

Hingga kini, Lumbung Sedekah Pangan terus hadir di tengah masyarakat, menyediakan kebutuhan pangan bagi mereka yang sangat membutuhkan. Siapa pun bisa membantu penyediaan pangan di lumbung tersebut, baik individu, komunitas, perusahaan, maupun institusi pemerintahan. 

“Program ini adalah bagian dari Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan, yang tujuannya memang mengajak masyarakat luas untuk saling membantu menyuplai pangan bagi saudara-saudara kita yang terdampak pandemi. Bantuan bisa disalurkan langsung dalam bentuk bahan pangan, atau uang tunai melalui ACT Maluku, yang nantinya akan kami belanjakan bahan pangan untuk diisi di Lumbung Sedekah Pangan,” pungkas Wahab.[]