Indonesia Humanitarian Center Kembali Sapa Sekitar Seribu Warga Gaza

Tak kurang dari 1.000 warga prasejahtera di Gaza menerima paket bantuan pangan dari Indonesia Humanitarian Center (IHC) pada Sabtu (5/12) hingga Selasa (8/12) lalu. Bantuan ini didistribusikan ke 3 wilayah di Kota Gaza untuk keluarga yang tak dapat memenuhi kebutuhan pangannya akibat nihilnya pendapatan.

Bahagianya beberapa anak yang menerima paket pangan amanah dari dermawan Indonesia. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Paket pangan dari Indonesia Humanitarian Center (IHC) di Gaza, Palestina, kembali menyapa saudara-saudara yang masih terguncang konflik sekaligus pandemi di Gaza. Kali ini paket tersebut menyapa warga prasejahtera dan meringankan beban-beban mereka yang kesulitan memenuhi pangan sehari-hari.

“Pendistribusian paket pangan kali ini diberikan ke 3 wilayah di Kota Gaza. Di lokasi ini tinggal sangat banyak keluarga prasejahtera yang tidak memiliki sumber pendapatan untuk menghidupi keluarga mereka. Dan banyak dari anggota keluarga yang mengalami sakit, termasuk salah satunya tunanetra,” kata Said Mukkafiy dari Tim Global Humanity Response (GHR) – Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Selain warga yang sakit, anak-anak yatim pun turut merasakan bahagia dari hadirnya amanah dermawan Indonesia ini. Paket pangan ini terdiri dari beras, garam, gula, minyak, daging kalengan, keju kaleng, kacang-kacangan, tahani, sambal, semolina, dan bahan makanan lainnya. Tak kurang dari 1.000 jiwa mendapatkan paket-paket yang dibeli langsung di Gaza ini.

“Pendistribusian paket pangan ini sangat berguna bagi keluarga prasejahtera dalam menghidupi anak-anak mereka, dan juga berguna pagi para penjual bahan pokok makanan. Sehingga memberikan perputaran ekonomi yang baik bagi para pedagang,” ungkap Said. Pendistribusian bantuan berjalan Sejak Sabtu (5/12) hingga Selasa (8/12) lalu.


Salah seorang mitra sedang mengantarkan bantuan. (ACTNews)

Selain karena konflik, pendapatan bulanan para pekerja di Gaza turun hampir 90 persen sejak dimulainya pandemi Covid-19 dan puluhan ribu orang kehilangan pekerjaan. Tentu ini berdampak kepada pemenuhan kebutuhan mereka, salah satunya pangan.

“Masalah pangan menjadi salah satu masalah terparah dalam kehidupan sehari-hari bagi warga Jalur Gaza. Gaza yang selama ini menjadi wilayah yang dikepung, juga ditimpa oleh kondisi kemiskinan dan ekonomi, sehingga membuat kondisi kehidupan mereka semakin menderita,” kata Said. Kondisi ini diperparah dengan musim dingin yang mulai memasuki wilayah Palestina.


Aksi Cepat Tanggap sebagai lembaga kemanusiaan yang juga berfokus pada isu internasional, tengah menggalang kepedulian untuk membantu masyarakat Palestina menghadapi musim dingin. Melalui laman Indonesia Dermawan, penggalangan sedekah dilakukan. Selain sedekah dengan nominal bebas, ACT juga menyediakan paket sedekah berupa paket pangan dengan nominal Rp560 ribu per keluarga, serta sedekah nominal Rp935 ribu untuk pakaian hangat per satu keluarga Palestina.

“Insyaallah ikhtiar kita bersama dapat membantu masyarakat Palestina, termasuk di Gaza menghadapi musim dingin. Dukungan pangan, pakaian hangat, tentu amat berarti. Sahabat Dermawan juga bisa mendukung bantuan untuk Palestina terbaik melalui laman Indonesia Dermawan atau rekening BNI Syariah 6600003314 atas nama Aksi Cepat Tanggap,” ajak Said. []