Ini Dia Lima Program Paling Diminati di Wakaftunai.id

Bersamaan dengan peluncurannya beberapa waktu lalu, Sahabat Wakif kini mulai meramaikan Wakaftunai.id. Apa saja memang program yang paling banyak dilirik?

wakaf tunai
Lewat gawai, Sahabat Wakif bisa mudah berwakaf dengan pilihan program unggulan beragam. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, JAKARTA – Global Wakaf-ACT kini menghadirkan platform wakaf melalui Wakaftunai.id. Lewat platform digital ini, setiap orang yang ingin berwakaf bisa memilih langsung program kebaikan yang ingin dijalankan.

Proyek-proyek kebaikan ini pun beragam, mulai dari pemberdayaan pedagang kecil, hingga menghadirkan air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan. Kendati baru diluncurkan beberapa hari, program-program ini sudah menarik minat para Sahabat Wakif.

Lantas, program-program apa saja yang sejauh ini paling banyak diminati? Berikut daftar program di Wakaftunai.id yang mendapat perhatian cukup banyak dari Sahabat Wakif. Barangkali, Sahabat Wakif juga ingin partisipasi di salah satu program ini.

1.   Wakaf UMKM

Pandemi yang datang beberapa tahun belakangan, cukup mendampak ekonomi bangsa. Terutama para UMKM yang ikut menjerit akibat himpitan pandemi. Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, 9 dari 10 UMKM mengalami penurunan penjualan. Bahkan, dikabarkan ada lebih dari 38,4 juta usaha kecil menengah berada di ambang kebangkrutan.

Latar belakang inilah yang mendorong terciptanya program Wakaf UMKM untuk membantu menggerakkan UMKM terdampak melalui bantuan modal wakaf dan pendampingan usaha. Sampai sekarang, program Wakaf UMKM dari Global Wakaf-ACT sudah memberdayakan sebanyak 4,6 ribu pelaku usaha. Ikhtiar ini terus berlanjut, bahkan menjadi program yang paling banyak didukung oleh Sahabat Wakif.

2.   Sumur Wakaf

Air bersih merupakan kebutuhan dasar manusia. Namun, kenyataannya, kebutuhan dasar ini tak bisa mencapai seluruh masyarakat. Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2018 lalu mencatat, sebanyak 33,4 juta penduduk kekurangan air bersih dan 99,7 juta jiwa kekurangan akses untuk ke fasilitas sanitasi yang baik.

Program Sumur Wakaf menjadi salah satu ikhtiar untuk mereka yang membutuhkan air bersih. Sejak tahun 2015 sampai saat ini, program Sumur Wakaf telah menebar manfaat bagi lebih dari 540 ribu masyarakat yang membutuhkan.


3.Lumbung Ternak Wakaf

Melengkapi kebutuhan pangan masyarakat, Global Wakaf-ACT menginisiasi program Lumbung Ternak Wakaf. Peternakan yang dibangun dari dana wakaf ini, bertujuan memberdayakan potensi ekonomi masyarakat, melakukan pembinaan pada peternak Indonesia agar lebih profesional, dan menyediakan hewan kurban berkualitas.


Salah satu contoh program ini adalah Lumbung Ternak Wakaf di Tasikmalaya, Jawa Barat. Peternakan berbasis wakaf tersebut telah menjadi pembangkit ekonomi desa dengan memberdayakan peternak lokal.


4.   Lumbung Air Wakaf

Jika Sumur Wakaf menghadirkan air bersih untuk sanitasi, maka Lumbung Air Wakaf berfokus pada air konsumsi. Lumbung Air Wakaf ingin mendorong pemerataan air konsumsi.

Berdasarkan data, ternyata masih ada wilayah di Indonesia yang hanya  satu persen  persen mampu mengakses air minum layak. Lewat wakaf masyarakat, Global Wakaf-ACT menghadirkan Lumbung Air Wakaf, yang memproduksi Air Minum Wakaf. Sejak tahun 2019 hingga Oktober 2021 ini, terhitung ada 2,1 juta liter Air Minum Wakaf didistribusikan untuk masyarakat di 11 kota dan kabupaten. 


5.   Lumbung Beras Wakaf

Selain Lumbung Ternak Wakaf, Global Wakaf-ACT juga menghadirkan Lumbung Beras Wakaf untuk menopang kedaulatan pangan bangsa. Hasil panen sawah wakaf atau produksi petani lokal dikumpulkan, diolah, hingga dikemas untuk siap pakai di lumbung beras ini. Nantinya beras-beras yang tersedia melalui Lumbung Beras Wakaf ini akan dibagikan gratis untuk masyarakat yang membutuhkan, terutama di masa-masa sulit seperti bencana alam, bencana kemanusiaan, hingga wabah pandemi covid-19 seperti saat ini.[]