Ini Dia Tips Jaga Diri Kala Traveling di Tengah Pandemi Covid-19

Traveling sering kali jadi pilihan kegiatan untuk jeda dari rutinitas. Namun, melihat kondisi saat ini, perlu perhatian khusus dari para pelancong agar terhindar dari penularan Covid-19.

tips cegah penularan virus Covid-19
Infografis tips cegah penularan virus Covid-19 saat traveling (DMII-ACT)

ACTNews, JAKARTA – Traveling sering kali jadi pilihan kegiatan untuk jeda dari rutinitas. Namun, melihat kondisi saat ini, perlu perhatian khusus dari para pelancong agar terhindar dari penularan Covid-19.

Disaster Management Institute of Indonesia (DMII) ACT punya beberapa tips traveling di tengah pandemi. Staff Training and Education DMII-ACT Erry Septiadi mengatakan, ada beberapa tips yang bisa diterapkan ketika traveling di tengah pandemi.

“Pertama, hindari kontak dengan hewan liar,” kata Erry, Kamis (7/10/2021). Menurut Erry, hewan menjadi salah satu media yang bisa menularkan virus, termasuk virus Covid-19. Menghindari kontak langsung dengan hewan, besar kemungkinan, virus tidak menular ke manusia.

“Tips kedua segera menghindari konsumsi produk hewan mentah atau setengah matang,” kata Erry. Makanan setengah matang tentu masih menyisakan sejumlah bakteri. Jumlah bakterinya pun tak sedikit. Sehingga bakteri mungkin saja bisa berkembang biak. Maka pada saat traveling diperlukan untuk menghindari konsumsi makanan setengah matang.

Tips selanjutnya, kata Erry yaitu menghindari kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran nafas. “Jika merasa tidak nyaman dengan kesehatan saat berada di daerah tinggi penularan Covid-19, gunakan masker dan segera cari layanan kesehatan terdekat,” jelasnya.

Adapun setelah kembali dari daerah tinggi penularan Covid-19, konsultasikan kembali pada dokter apabila terdapat gejala demam atau sejenisnya dan beritahukan riwayat perjalanan.

“Tetap jaga kondisi kesehatan dengan pola makan teratur dan istirahat cukup. Buat traveling anda senyaman mungkin, bebaskan dari rasa khawatir dan jangan lupa tetap berdoa,” tutup Erry.[]