Ini Peristiwa Kurban Paling Tua di Muka Bumi

Peristiwa kurban paling tua di muka bumi adalah kisah tentang dua anak Nabi Adam Qabil dan Habil. Ini menjadikan ibadah kurban istimewa lantaran satu dari sekian peristiwa tertua yang diabadikan dalam Al-Qur’an.

kurban tanpa batas
Ilustrasi. Petugas kurban Global Qurban-ACT di Kota Padang, tahun 2020. Tengah membersihkan hewan kurban. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Kisah tentang ibadah kurban paling tua yang pernah ada di muka bumi adalah kisah dua anak Nabi Adam AS, Qabil dan Habil. Kisah ini tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 27. Yakni saat Allah memerintahkan putra Nabi Adam Qabil dan Habil untuk mengorbankan harta terbaik mereka.

“Dan ceritakanlah (Muhammad) yang sebenarnya kepada mereka tentang kisah kedua putra Adam, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka (kurban) salah seorang dari mereka berdua (Habil) diterima dan dari yang lain (Qabil) tidak diterima. Dia (Qabil) berkata, “Sungguh, aku pasti membunuhmu!” Dia (Habil) berkata, “Sesungguhnya Allah hanya menerima (amal) dari orang yang bertakwa.”

Menurut Ustaz Ahmad Faris BQ dalam Webinar Peradaban Qurban Kamis (10/6/2021), peristiwa kurban dua putra Nabi Adam tersebut menjadikan kurban sebagai ibadah yang istimewa karena peristiwa pertama yang diabadikan oleh Allah dalam Al-Qur’an.

“Apakah ada peristiwa lain di bumi sebelum kisah Qabil dan Habil? Ada. Peristiwa Nabi Adam diturunkan ke bumi, lalu ketemu dengan Hawa, membangun keluarga tetapi semuanya tidak diceritakan oleh Al-Qur’an. Kisah paling tua yang diceritakan oleh Al-Qur’an adalah kisah berkurban, ini yang membuatnya istimewa,” ungkap Ustaz Faris.

Ustaz Faris melanjutkan, Qabil memberikan buah-buahan dengan kualitas tidak layak, sementara Habil menyerahkan daging domba yang paling gemuk dan paling besar. Api dari langit menyambar domba Habil, tanda kurban diterima.

“Hikmah dari kisah kurban tertua ini adalah manusia diminta untuk selalu memberi karena Allah. Pemberian itu pun harus terbaik dari yang dimiliki, sehingga akan memberikan manfaat yang terbaik pula bagi manusia lainnya,” jelasnya.[]