Inilah Persiapan RPH Dharma Jaya Sambut Iduladha

Rumah Potong Hewan (RPH) PD Dharma Jaya telah menyiapkan ribuan hewan kurban dan sistem pemotongan otomatis untuk menyambut Iduladha 2020. Selain itu, RPH yang bekerja sama dengan Global Qurban - ACT ini juga memastikan kesehatan ternak-ternak yang mereka miliki. (ACTNews/ Reza Mardhani)

Salah satu hewan Global Qurban - ACT di RPH PD DHarma Jaya. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, JAKARTA – Berbagai pihak yang terlibat dalam Iduladha nanti terus bersiap. Salah satunya Rumah Potong Hewan (RPH) PD Dharma Jaya di wilayah Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Sampai saat ini, ribuan hewan dan sistem pemotongan telah siap untuk pendistribusian daging pada Iduladha nanti.

“Kalau dari sisi jumlah hewan kurban ada 2.500 ekor, dengan kapasitas kandang sebanyak 3.000 ekor. Kami sudah menyiapkan juga fasilitas pemotongan di samping penyediaan hewan kurban. RPH kami menggunakan sistem otomatis, sehingga ada percepatan jumlah pemotongan hewan setiap harinya,” ujar Mohammad Adam Ali Bhutto selaku Direktur Usaha PD Dharma Jaya pada Selasa (28/7) ini.

Berbeda dengan cara potong tradisonal, Adam mengatakan pemotongan secara otomatis mampu memotong hewan kurban sebanyak 20 sapi setiap jamnya. “Di Dharma Jaya, selama 4 hari sejak hari Nahar hingga hari Tasyrik, kami akan memotong 850 ekor sapi menggunakan conveyor system otomatis,” tambahnya.


Salah satu kandang di RPH Dharma Jaya (ACTNews/Reza Mardhani)

RPH Dharma Jaya memastikan hewan kurban yang mereka miliki dalam kondisi sehat dan kondisinya sendiri telah diperiksa oleh instansi terkait. Alat-alat yang digunakan juga steril dan setiap satu orang petugas nantinya hanya boleh menggunakan satu alat potong.

Setelah daging terpotong, rencananya RPH Dharma Jaya akan mendistribusikan daging langsung kepada penerima manfaat. Di sisi lain, RPH ini juga bekerja sama dengan Global Qurban – ACT. RPH Dharma Jaya sendiri menyambut baik kerja sama ini.

“Kami berharap kerja sama dengan Global Qurban – ACT berlangsung tidak hanya tahun ini, tetapi setiap tahun seperti halnya pada tahun 2018 saat Asian Games. Global Qurban – ACT adalah mitra kami dalam pelaksanaan pemotongan kurban hingga pendistribusian. Kami meyakini bahwa lembaga kemanusiaan seperti Global Qurban – ACT ini sangat bermanfaat buat masyarakat, dan kami RPH Dharma Jaya sangat senang bisa men-support,” ucap Adam.


Sampai saat ini, Global Qurban – ACT menargetkan 100 hewan kurban pada Iduladha nanti. Untuk mendukung usaha tersebut, Global Qurban – ACT juga menyediakan satu stan bagi dermawan yang berkunjung ke RPH Dharma Jaya dan ingin informasi lebih lanjut untuk mendermakan kurban terbaiknya.

“Di sini kita ada stan untuk showcase, yang nantinya memberikan informasi terkait hewan kurban Global Qurban – ACT di program 'Labbaik Berqurban Terbaik'. Insyaallah melalui stan ini, para pengunjung RPH Dharma Jaya bisa langsung bertransaksi. Tentunya nanti bisa memilih hewan kurban sendiri hewan kurban apa yang ingin didistribusikan. Silakan berkunjung langsung ke RPH Dharma Jaya untuk melihat langsung showcase kami,” ajak  Dio Alif Aryana dari Tim Global Qurban – ACT.

Selain itu, jika para pekurban juga ingin melihat langsung contoh hewan kurban yang akan didistribusikan, tim juga akan mengajak para dermawan ke kandangnya. “Insyaallah, Global Qurban – ACT setiap harinya menghadirkan showcase di RPH Dharma Jaya. Dermawan yang nantinya berniat menyalurkan kurban, bisa melihat langsung hewan kurbannya,” jelas Dio. []