IQR Tumbuhkan Kesadaran Berkurban Lewat Tabungan Qurban

Kolaborasi lewat program Tabungan Qurban ini betujuan agar masyarakat tahu bahwa ada cara yang mudah dan ringan untuk berkurban.

IQR Tumbuhkan Kesadaran Berkurban Lewat Tabungan Qurban' photo
Para relawan sedang melakukan aktivitas diskusi ketika tim dari Global Qurban sedang berkunjung ke kantor pusat IQR for Humanity. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, JAKARTA - Yayasan IQRA for Humanity berkolaborasi dengan Global Qurban untuk memfasilitasi para pekurban. Lewat program Tabungan Qurban, yayasan yang akrab disebut sebagai IQR ini ingin memudahkan masyarakat yang berniat berkurban dengan cara mengangsur biaya pembelian hewan kurban mereka untuk tahun depan di Global Qurban.

Putri Indah Sari selaku Vice Chief Executive Officer (CEO) Philanthropy dari IQR mengatakan, selain ingin memudahkan masyarakat, mereka juga ingin menumbuhkan kesadaran untuk berkurban. Target utama mereka adalah anak-anak muda.

“Karena sepertinya kesadaran untuk anak-anak muda untuk berkurban jarang sekali kita temukan. Kalaupun ada, mungkin hanya beberapa. Jadi harapan kami dengan adanya kerja sama dengan Global Qurban dalam program Tabungan Qurban ini, dapat menyadarkan anak-anak muda bahwasannya mereka bisa berkurban. Apalagi dengan cara menabung, jadi lebih mudah dan ringan,” ujar Putri di kantor pusat IQR di daerah Ciputat, Tangerang Selatan, pada Jumat (1/11) lalu.

Nantinya kurban-kurban dari IQR akan dikirimkan ke negara-negara yang membutuhkan bantuan akibat krisis kemanusiaan maupun bencana. IQR menargetkan mereka akan mengutamakan pendistribusian daging di negara-negara Afrika mengingat sebagian negara di benua tersebut masih membutuhkan dari segi pangan.


Kerja sama program yang dimulai sejak akhir Oktober kemarin ini disambut positif oleh para anggota IQR sendiri. Mereka mulai aktif mengajak masyarakat untuk menabung kurban pada tahun yang akan datang, mulai dari Rp 150 ribu.

“Caranya gampang, yakni hanya tinggal mengisi form Tabungan Qurban dari IQR yang berisi data-data singkat calon pekurban. Kemudian kita akan menjelaskan bagaimana ketentuannya dan langsung mereka bisa bergabung dengan program ini,” kata Putri. Ia menyarankan untuk berkunjung ke situs resmi IQR di http://iqrforhumanity.com/, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Di luar kolaborasinya dengan Global Qurban, IQR merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang literasi, pendidikan, dan sociopreneur. Yayasan yang berdiri sejak Mei 2018 tersebut mereka lebih banyak mengajak anak-anak muda dalam aktivitasnya.

“Jadi di sini adalah tempatnya anak muda untuk menyalurkan aspirasi mereka. Kita juga berusaha untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Karena kita semua tahu bahwa minat baca masyarakat kita saat ini termasuk rendah,” ujar Putri.

Saat ini IQR telah memiliki ratusan relawan di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, yayasan tersebut juga memiliki tujuh rumah baca di Medan, Jabodetabek, Semarang, Tarakan, dan Malang. Di rumah baca yang tersebar tersebut, ada aktivitas mengajar anak-anak di sekitar lingkungan rumah baca, diskusi, dan studi banding ke komunitas lain.

Sebelumnya, IQR juga pernah berkolaborasi dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT). IQR bekerja sama dengan ACT untuk membantu para penyintas bencana akibat gempa, likuefaksi, dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi, dan Donggala. []

Bagikan