IREMA Tasikmalaya Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

IREMA Tasikmalaya Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

IREMA Tasikmalaya Bantu Korban Tsunami Selat Sunda' photo

ACTNews, TASIKMALAYA – Peristiwa tsunami Selat Sunda yang terjadi 22 Desember lalu menelan ribuan korban jiwa. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 437 orang meninggal dunia, 128 hilang, 1459 luka-luka, puluhan ribu orang mengungsi dan ribuan rumah rusak. Duka masih ada, menunggu untuk dipulihkan sampai kembali seperti sebelum tsunami menerjang. 

Keprihatinan itu membuat Ikatan Remaja Masjid (IREMA) Sambong Tasikmalaya tergerak untuk membantu para korban.  IREMA tidak sendiri, mereka juga mengajak masyarakat Tasikmalaya untuk turut peduli. Seperti pada Ahad (20/1) didampingi Tim Aksi Cepat Tanggap Tasikmalaya, IREMA gelar galang bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda di kawasan Car Free Day (CFD) Kota Tasikmalaya.

“Alhamdulillah IREMA begitu antusias melakukan penggalangan dana untuk para korban tsunami Selat Sunda. Mereka mulai sejak pukul enam pagi hingga pukul sepuluh,” lapor Asep Rosidin dari ACT Tasikmalaya, Ahad (20/1).

Hal itu bukan kali pertama dilakukan IREMA, Asep menuturkan, komunitas itu hampir setiap saat ambil bagian dalam membantu korban bencana dan isu kemanusiaan. Penggalangan dana pun dilakukan IREMA setiap akhir pekan pada momen CFD.  “Mereka sangat semangat dan loyal meskipun masih remaja,” tambah Asep.

Cara IREMA menggalang donasi pun cukup unik, bukan hanya menghampiri warga satu per satu, tetapi sesekali mereka membacakan puisi kemanusiaan. “Mereka itu anak-anak, tetapi semangatnya luar biasa. Ada anak yang berumur enam tahun ikut baca puisi,” ucap Asep menyampaikan kekaguman.

Dari hasil penggalangan hari Ahad kemarin, bantuan terkumpul hingga Rp 3,5 juta. Bantuan tersebut diserahkan kepada ACT Tasikmalaya untuk disalurkan kepada korban bencana tsunami Selat Sunda.

ACT Tasikmalaya terus ikhtiar mengajak masyarakat Indonesia membantu korban bencana. Pekan lalu pun, ACT Tasikmalaya telah meluncurkan Hunian Nyaman Terpadu atau Integrated Community Shelter (ICS) bagi korban longsor dan banjir di Kecamatan Culamega.

Kompleks hunian yang dibangun di Bumi Perkemahan Cibinong itu terdiri dari 62 lokal hunian, 10 unit MCK, dapur umum, masjid, taman bermain, dan satu buah sumur wakaf. ACT Tasikmalaya juga merencanakan pendampingan jangka panjang bagi para penyintas longsor dan banjir bandang.  []

Tag

Belum ada tag sama sekali

Bagikan