Isi Momentum Kemerdekaan dengan Distribusi Bingkisan untuk Veteran

Momen kemerdekaan menjadi salah satu waktu bagi ACT bersama Relawan MRI mengenang perjuangan pahlawan bangsa. Di momen ini juga, kesempatan silaturahmi serta menghadirkan bingkisan terjadi.

Salah satu veteran di Bekasi yang membawa bingkisan dari ACT dengan sepedanya. (ACTNews)

ACTNews, BEKASI Di momen bulan kemerdekaan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) berkesempatan mengunjungi veteran yang ada di Bekasi. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara mengisi kemerdekaan. Selain kunjungan, ACT dan MRI Kota Bekasi juga mendistribusikan bantuan pangan berupa Beras Wakaf dan Air Minum Wakaf kepada veteran dan keluarga di Wisma Seroja, kompleks korban Perang Timor-Timor, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Senin (16/8/2021).

Romidi (80), salah satu veteran mengungkapkan, terima kasih atas apa yang diberikan. Ia bersama veteran lainnya sangat senang, sebab masih ada yang memberi perhatian kepada para pensiunan tentara yang ikut berperang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatiannya. Kami juga tidak pernah lihat dari bentuk dan barang yang diberikan, karena masih ada yang memperhatikan saja kami berterima kasih sekali,” ujar Romidi kepada ACT.

Dalam kesempatan tersebut, Romidi pun berpesan kepada generasi penerus bangsa untuk terus mempertahankan kemederkaan yang sudah berlangsung 76 tahun ini. Ia pun tidak menampik penjajahan masih terjadi di masa sekarang, meski dalam bentuk yang berbeda. Generasi muda, bagi Romidi, harus mampu melawan penjajahan dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Sebab, salah satu penjajahan yang paling nyata terlihat adalah dalam hal teknologi dan budaya.

Romidi merupakan angkatan Perang Timor-Timor pada tahun 1976. Berlatar belakang Kopassus, saat menjalankan tugasnya di Timor-Timor, ia berkisah pernah merasakan tertembak di bagian kaki tanpa penanganan medis selama satu hari satu malam.

“Alhamdulillah masih bisa hidup setelah tertembak itu, tepat tanggal 16 Agustus juga jam 7 pagi,” kenang Romidi.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Kota Bekasi Rizky Renanda mengatakan, silaturahmi sekaligus mendistribusikan paket pangan merupakan bentuk apresiasi dan mengenang perjuangan para veteran yang telah mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Selain kita mengenang, ini adalah cara lain sebagai generasi penerus menghargai perjuangan veteran yang menjadi saksi hidup. Selanjutnya mari bersama kita kirim doa tertulus untuk mereka agar selalu diberikan kesehatan dan perlindungan Allah,” ucapnya.[]