Israel Tahan Wakil Ketua Pergerakan Islam Palestina Syekh Kamal al Khatib Tanpa Penjelasan

Wakil Ketua Pergerakan Islam Palestina Sheikh Kamal Khatib ditangkap polisi Israel. Penangkapan terjadi secara paksa dan menyerang anggota keluarga.

Syekh Kamal al Khatib
Kamal al Khatib. (Twitter Kamal Al Khatib)

ACTNews, KAFAR KANNA — Wakil Ketua Gerakan Islam Palestina Syekh Kamal al Khatib ditahan tanpa keterangan oleh pasukan Israel di rumahnya, Jumat (14/5/2021). Informasi ini diumumkan langsung melalui akun Twitter resmi Syeikh Kamal Khatib. Pasukan Israel membobol rumah Kamal di wilayah Kafar Kanna. 

Akun Twitter tersebut juga membagikan video detik-detik polisi menangkap Kamal. Sebelum penangkapan terjadi, pasukan Israel dan warga sekitar rumah Kamal terlibat konfrontasi di area masjid Omar bin Khattab yang berada di dekat rumah Kamal di Kafar Kanna.

Putra Kamal mengatakan bahwa pasukan Israel dengan kasar menggerebek rumah dan menyerang anggota keluarga. Akibat kejadian itu,  sembilan orang terluka.

Kamal merupakan Wakil Ketua Gerakan Islam Palestina. Orang kedua setelah Syekh Raed Salah yang merupakan ikon perlawanan Palestina terhadap Israel yang saat ini sedang dipenjara. Gerakan Islam tersebut secara resmi dilarang oleh zionis Israel sejak 2015 dengan dalih menghasut kekerasan.

Surat kabar Yediot Ahronoth dan dikutip Anadolu Agency melaporkan bahwa, pasukan Israel menahan sedikitnya 30 orang di Kafr Kanna. Saksi mata mengatakan bahwa pasukan Israel menggunakan peluru tajam, peluru berlapis karet, tabung gas air mata dan granat kejut terhadap pengunjuk rasa. 

Bentrokan antara pasukan Israel dan warga Palestina terjadi sejak tiga hari sebelum Hari Raya Idulfitri. Pemicunya adalah pasukan Israel telah menyerang muslim di Masjid Al Aqsa dan pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, wilayah yang diklaim milik pemukim Yahudi.[]