Jaga Mata Air, MRI Kabupaten Semarang Tanam Pohon di Lereng Merbabu

Aksi tanam pohon menjadi upaya jangka panjang agar mata air terjaga.

MRI tanam ratusan bibit
Sejumlah relawan MRI-Kabupaten Semarang menanam ratusan bibit pohon di sekitar lereng Merapi (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN SEMARANG — Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Semarang melakukan aksi tanam pohon di sekitar mata air Lereng Merbabu, Thekelan Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Ahad (31/10/2021). 

Ketua MRI Kabupaten Semarang Elvan Ardi menjelaskan, aksi ini dilakukan untuk kembali menghijaukan daerah sekitar mata air di lereng Gunung Merbabu. Menurut Elvan, masyarakat Desa Batur kini mulai kesulitan air bersih. Aksi tanam pohon menjadi upaya jangka panjang agar mata air terjaga.

“Total ada 300 bibit pohon yang di tanam di dua lokasi. Pertama di lembah belakang, Pos Pending dan di lembah Sumber Pending, antara pos 1 dan pos 2,” ujar Elvan, saat dihubungi Selasa (2/11/2021).

Kegiatan tanam pohon ini dimulai pukul 07.00 pagi dengan apel kegiatan lalu pembagian area penanaman pohon. Berbagai elemen dari komunitas turut hadir dalam aksi ini, antara lain mahasiswa KKN, SAR, dan BPBD Kabupaten Semarang.

“Alhamdulillah. Para peserta antusias dan kegiatan berjalan lancar hingga akhir acara. Acara berlangsung hingga menjelang siang jam 11,” tutup Elvan.[]