Jauh dari UMK, Gaji Guru Honorer di Kabupaten Sukabumi Rp200 Ribu Sebulan

Gaji guru honorer salah satu sekolah di Kabupaten Sukabumi Rp200 ribu per bulan. Jumlah ini jauh dari UMK Kabupaten Sukabumi 2021 sebesar Rp3,1 juta.

kondisi guru honorer
Sopiyandi saat sedang mengajar. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN SUKABUMI – Jasa besar guru sebagai jembatan ilmu sering kali tidak sebanding dengan apresiasi yang mereka terima. Hal ini dialami guru honorer di sekolah berbasis Islam di Desa Pondokkaso Tengah,  Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi,  Lia Roupal Ummah dan Sopiyandi. 

Keduanya masing-masing mengajar dua kelas, Lia mengajar kelas tiga dan empat sedangkan Sopiyandi kelas lima dan enam. Meski beban mengajar banyak, gaji yang mereka terima jauh dari UMK Kabupaten Sukabumi tahun 2021 sebesar Rp3,1 juta. 

“Gaji guru honorer sebulan Rp200 ribu. Namun harus tetap bersyukur karena masih diberi kenikmatan sehat,” kata Sopiyandi, Jumat (3/9/2021).

Hal yang sama diutarakan Lia Roupal Ummah. Menurut Lia, dengan jumlah gaji tersebut ia tidak bisa memenuhi kebutuhan hariannya. Sehingga ia harus pintar-pintar mencari penghasilan tambahan. 

“Di samping mengajar, membuka warung kecil-kecilan di rumah. Keuntungannya tidak seberapa tapi alhamdulillah cukup untuk makan sehari-hari,” ujar Lia saat ditemui tim ACT Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/9/2021). 

Dani Firdaus dari tim ACT Sukabumi mengatakan, meski gaji para guru honorer jauh dari layak, namun kecintaannya untuk menyampaikan ilmu tidak pernah berkurang. Sikap ini patut dicontoh untuk dilakukan dalam kegiatan yang lain. “Tidak  memikirkan materi murni mengabdi,” pungkas Dani.[]