Jawa Timur Kukuhkan Pengurus Masyarakat Produsen Pangan Indonesia Pertama

Global Wakaf - ACT Jawa Timur mengukuhkan pengurus Masyarakat Produsen Pangan Indonesia pertama. Para pengurus ini merupakan petani Desa Siser, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan.

Jawa Timur Kukuhkan Pengurus Masyarakat Produsen Pangan Indonesia Pertama' photo
Ilustrasi. Petani di Jawa Timur bersiap menyambut panen raya. (ACTNews)

ACTNews, LAMONGAN –  Sejumlah petani Desa Siser, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur didaulat sebagai pengurus Masyarakat Produsen Pangan indonesia (MPPI), Selasa (15/9). Pengukuhan ini merupakan pembentukan kepengurusan pertama program MPPI yang dilakukan Global Wakaf - ACT di wilayah Jawa Timur. Ke depan, Global Wakaf - ACT akan membentuk 10 kepengurusan MPPI di sejumlah daerah lainnya, yaitu Solo, Bogor, Madiun, Blora, Cirebon, Karawang, Deli Serdang, Sigi Palu, Gresik, dan Lamongan. 

Jajang Fadli selaku Ketua Program MPPI menerangkan, pembentukan kepengurusan MPPI ditujukan untuk membangun membangun kedaulatan pangan nasional lewat kegiatan pendampingan kepada petani. Kegiatan yang dilakukan antara lain uji tanam, penanaman, dan uji panen.

“Pengukuhan ini merupakan sejarah awal berdirinya MPPI di Lamongan, kedepan kepengurusan akan ada di tingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi di seluruh Indonesia,” kata Jajang.

Kehadiran MPPI ini diharapkan mampu membangun kedaulatan pangan dan menyejahterakan kehidupan petani. Seperti di Jepang misalnya, kata Jajang, petani di Jepang mendapatkan komitmen dan perhatian pemerintah sehingga hidup sejahtera.

“Melalui MPPi, kita mulai. Diharapkan petani semakin mandiri, melahirkan wakaf dan wakif untuk petani sehingga tidak ada petani yang terjerat riba, modernisasi pertanian, memunculkan kedaulatan pangan dalam negeri, hingga mengadvokasi para petani,” lanjutnya.

Mendatang, pembentukan pengurus MPPI lainnya juga diharapkan dapat menggandeng 10.000 petani untuk menjadi anggota. Dalam setiap kepengurusan MPPI, ditargetkan paling tidak 50-70 anggota petani bisa terjaring menjadi anggota tersebut.[]


Bagikan