Jelang Idulfitri, Penduduk Perbatasan Indonesia-Malaysia Terima Paket Pangan

Menjelang Lebaran, paket pangan terus didistribusikan. Giliran masyarakat di tepian Indonesia-Malaysia yang mendapatkannya.

ACTNews, BENGKAYANG – Perahu kayu membelah arus sungai berair cokelat di Desa Kumba, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Desa ini merupakan salah satu desa yang tak jauh dari perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Sampan atau perahu kecil yang dapat melintas sungai menjadi salah satu transportasi utama keluar-masuk desa ini.

Ahad (2/6), menggunakan perahu kayu, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) beserta Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berjaga di perbatasan negara di Bengkayang mendistribusikan Paket Pangan Ramadhan untuk Masyarakat Penjaga Negeri. Paket yang berisikan kebutuhan pokok ini akan diberikan guna memenuhi kebutuhan akhir Ramadan hingga Idulfitri mendatang.

Bekerja sama dengan tim TNI, paket pangan kirim menggunakan truk yang disediakan TNI yang kemudian dilanjutkan pengiriman menggunakan perahu kayu. Puluhan tentara dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), paket pangan diserahterimakan kepada masyarakat prasejahtera dan tentara yang sedang menjaga perbatasan saat Idulfitri tiba. Mereka berganti waktu tugas per 10 bulan.

Sutaryo selaku Koordinator program Paket Pangan Ramadhan Masyarakat Penjaga Negeri (PPR MPN)mengatakan, kondisi ekonomi masyarakat di Desa Kumba umumnya lemah. Pembangunan daerah juga masih tertinggal sehingga, menurut Sutaryo, wajar membutuhkan perhatian yang lebih.

“Jarak dari ibu kota provinsi di Pontianak lebih kurang 279 kilometer. Medan yang dilalui juga cukup sulit harus berganti transportasi ke air. Tapi MRI dan TNI tak surut semangat mengantarkan ratusan paket pangan Ramadan ini,” jelasnya, Senin (3/6).

Tiba di Kumba, masyarakat menyambut hangat. Mereka tertib mengambil paket yang diberikan. Warga di perbatasan negara ini juga mengharapkan agar distribusi serupa dapat terus dilakukan di wilayah ekonomi tertinggal seperti di perbatasan negara.

Selain di perbatasan dengan Malaysia, di hari yang sama, Ahad (2/6), ACT mendistribusikan paket pangan untuk penjaga negeri di Merauke, perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini. Sebanyak 200 paket pangan diberikan ke masyarakat transmigrasi di perbatasan juga TNI yang berjaga hingga hari Lebaran tiba.

Program PPR MPN merupakan program reguler ACT setiap menjelang Idulfitri. Pada 2018, program ini juga menyambangi wilayah-wilayah perbatasan di seluruh Indonesia. []


Baca juga:

Mengantarkan Paket Pangan hingga ke Pedalaman Tana Toraja

Bingkisan Idulfitri Sapa Masyarakat Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

Jelang Lebaran, Bantuan Pangan Sapa Penduduk Pesisir Bumi Lasinrang