Jelang Lebaran, Bantuan Pangan Sapa Penduduk Pesisir Bumi Lasinrang

Dari pusat Kabupaten Pinrang, bantuan pangan bermuara pada warga prasejahtera di Minanga Aka'e, pesisir Bumi Lasinrang.

ACTNews, PINRANG - ACT Sulawesi Selatan bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) terus berbagi kebaikan di penghujung Ramadan 1440 H. Salah satunya dengan membagikan paket sembako untuk fakir miskin di Minanga Aka'e, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, wilayah yang dijuluki sebagai Bumi Lasinrang.

Tepatnya sekitar pukul 15.00 WITA, tim ACT dan MRI Sulsel bergerak dari pusat Kabupaten Pinrang menuju Minanga Aka'e dengan menggunakan dua armada. Setiba di lokasi, tim menempuh jarak sekitar 300 meter dengan berjalan kaki membawa bantuan.

Minanga Aka’e berada di pesisir pantai dengan kepadatan penduduk hingga 100 KK. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan, buruh bangunan, dan pengumpul cungcung atau cocco (siput air payau). Penghasilan mereka rata-rata 800 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah per bulannya.

Kepala Program ACT Sulsel Nur Ali Akbar mengatakan pembagian paket sembako pada Jumat (31/5) lalu merupakan bagian dari program Paket Pangan Tepian Negeri. Kegiatan ini tak hanya di bulan Ramadan saja, tetapi juga di luar bulan Ramadan.


“Ramadan tahun ini, ACT mengusung tema Marhaban Yaa Dermawan, karena ACT meyakini Indonesia masih dipenuhi masyarakat yang memiliki jiwa dermawan apalagi di Ramadan ini adalah momentum pelipatgandaan pahala. Seperti Ramadan lalu, berkat amanah dari masyarakat Indonesia, ACT menyalurkan paket bantuan yang diberi nama program ‘Paket Pangan Tepian Negeri' untuk pulau terluar atau daerah terpencil di Indonesia,” terang Ali.

Ia menambahkan, setiap paket  beras, gula, minyak, susu dan biskuit. Paket pangan tersebut juga menjadi hadiah Lebaran bagi penduduk pesisir Bumi Lasinrang ini menjelang Idulfitri.

Sebelumnya pada Kamis (30/5), ACT Sulsel dan MRI membagikan paket serupa kepada puluhan keluarga di Kampung Mualaf, Dusun Makula, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

"Semoga amanah dari masyarakat Indonesia kepada ACT dapat dinikmati  segera oleh saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan," pungkas Ali. []