Jelang Lebaran, Paket Pangan Penuhi Kebutuhan Diaspora Uighur di Turki

Di 10 hari terakhir Ramadan, diaspora Uighur di Turki bersyukur mendapatkan paket pangan dan iftar dari dermawan Indonesia dan dunia. Meskipun pandemi Covid-19 memperpuruk keterbatasan mereka, kepedulian masyarakat global yang terus mengalir menguatkan mereka di masa sulit ini.

Jelang Lebaran, Paket Pangan Penuhi Kebutuhan Diaspora Uighur di Turki' photo
Anak-anak diaspora Uighur di Turki mendapatkan bantuan paket pangan. (ACTNews)

ACTNews, KAYSERI, ISTANBUL – Wabah Covid 19 membuat warga Uighur yang tinggal di Kayseri dan Istanbul, Turki, terpaksa berhenti bekerja karena ditutupnya lapangan pekerjaan selama masa wabah. Hal itu menyebabkan mereka kehilangan pekerjaan dan tidak dapat memenuhi kebutuhan pangannya sehari-hari.

Di 10 hari terakhir Ramadan ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali menyapa diaspora Uighur di Kayseri. Jumat (15/5), bantuan paket pangan diberikan kepada diaspora Uighur di Turki yang terdampak Covid-19.


Anak-anak Uighur di Kayseri, Turki dengan wajah bahagia terlihat duduk-duduk di bawah pohon depan rumah mereka menunggu bantuan paket pangan dari ACT. (ACTNews)

“Bantuan paket pangan ini kami berikan kepada 260 kepala keluarga atau 1.560 jiwa Uighur di Turki, kata Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response (GHR) – ACT.

Selain di Kayseri, bantuan paket pangan ini juga hadir untuk diaspora Uighur di ibu kota Turki, Istanbul. Paket pangan yang dibungkus dengan kardus terlihat tersusun rapi di depan sebuah ruko pinggir jalan di Istanbul dan siap dibagikan kepada warga Uighur. Bantuan pangan ini menjangkau 230 kepala keluarga atau 1.380 jiwa. 

Turki, menjadi salah satu dari ratusan negara yang terdampak covid-19 dengan total kasus positif hingga saat ini mencapai 150 ribu.

“Di hari-hari terakhir bulan Ramadan ini kami terus membantu saudara-saudara yang membutuhkan uluran tangan kita agar mereka dapat menjalani bulan Ramadan di 10 hari terakhir dengan bahagia,” tambah Firdaus. []


Bagikan